Pasar Banjarsari kini Mulai Dibangun Kembali

Pasar Banjarsari kini Mulai Dibangun Kembali
JELASKAN - Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid bersama Mendag, Zulkifli Hasan sesaat sebelum kegiatan ground breaking Pasar Banjarsari.
0 Komentar

KOTA – Lima tahun usai terbakar pada 2018 lalu, Pasar Banjarsari kini mulai dibangun kembali. Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, bersama Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid, Direktur Prasarana Strategis Kementrian PUPR, Essy Asiah, Sekda Jawa Tengah, Sumarsono dan sejumlah pejabat lain secara simbolis menekan tombol groun dbreaking pembangunan kembali Pasar Banjarsari, Rabu (11/10/2023).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan yang lahan Pasar Banjarsari, hadir ratusan pedagang yang sebelumnya juga melaksanakan kirab bersama Wali Kota dan pejabat lainnya dari Masjid Al ikhlas Jetayu menuju lokasi pembangunan pasar.

Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid dalam sambutannya menyatakn syukur bahwa akhirnya pasar terbesar di Kota Pekalongan itu akan segera dibangun kembali. Wali Kota juga menceritakan bagaimana proses dan upaya yang dilakukan jajaran Pemkot Pekalongan sampai akhirnya kepastian pembangunan pasar didapat.

Baca Juga:Museum Jawa Tengah Ranggawarsita Gelar Pameran Keliling Museum Dolan PekalonganViral, Aspal Jalan di Desa Gentinggunung Diduga Berkualitas Buruk

Wali Kota bahkan mengistilahkan upaya yang dilakukan dengan strategi ‘total football’ dalam permainan sepak bola. Yakni pihaknya melakukan seluruh upaya melalui berbagai jalan dan menggandeng sejumlah pejabat atau tokoh masyarakat. Mulai dari Habib Luthfi bin Ali bin Yahya, anggota DPR RI, DPRD Kota Pekalongan, hingga bertemu langsung dengan Menteri Perdagangan dan Kementrian PUPR.

“Sebelum mengajukan proses pembangunan kembali pasar ini ke Kementerian Perdagangan maupun Kementerian PUPR RI, tanah di lokasi lahan eks Pasar Banjarsari ini harus clean and clear terlebih dahulu. Sehingga, kami terus upayakan komunikasi dengan PT Disc agar bisa terselesaikan dan Alhamdulillah setelah melalui proses panjang, upaya ini berhasil dan PT DISC sudah mau menyerahkan sertifikat tanah sebagai dasar kami untuk maju ke Kementerian PUPR maupun Kementerian Perdagangan,” terangnya.

Setelah dilakukan ground breaking Pasar Banjarsari ini, pihaknya berharap bisa menjadi berkah bagi masyarakat Kota Pekalongan khususnya para pedagang eks Pasar Banjarsari yang telah menanti-nantikan pembangunan pasar tersebut usai kejadian kebakaran pada 26 Februari 2018 silam. Sebab, dengan dibangunnya kembali Pasar Banjarsari ini, ikon Kota Pekalongan bisa berdiri lagi. Sembari dibangun, Pemkot Pekalongan juga mulai mendata dan menata para pedagang eks Pasar Banjarsari yang saat ini masih berjualan di Pasar Darurat Jalan Patiunus.

0 Komentar