KENDAL – Biro Perjalanan Haji dan Umroh milik Muhammadiyah Kendal, Arrahmah Tour, sukses membukukan nilai akreditasi hinga 91,0 baru-baru ini. Nilai ini bukan hanya menjadikan Arrahmah semakin mumpuni memberikan jasa pelayanan haji dan umroh, melainkan juga ikut membanggakan Persyarikatan.
Untuk diketahui, sertivikasi merupakan prosedur wajib yang harus dilakukan semua Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) seperti diamanatkan dalam UU Nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh beserta peraturan turunannya.
Belum lama ini, Arrahmah Tour pun menyelenggarakan akreditasi khusus pelayanan ibadah umroh dan berhasil mencatatkan skor 91,0. Nilai itu diberikan oleh 4 asessor dari Lembaga Sertifikasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (LSPPIU) Bhakti Mandiri Wisata Indonesia, sebuah lembaga professional dan independen yang fokus dalam menjawab amanah penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah dan haji.
Baca Juga:KTNA Diharap Siap Pecahkan Permasalahan Pertanian di BatangTerima Kasih TNI AD, TMMD Percepat Pembangunan Infrastruktur Daerah
“Dengan nilai 91 ini, artinya Arrahmah Tour sebagai Biro Perjalanan Haji dan Umroh telah memenuhi kriteria penilaian yang ditetapkan oleh Kementerian Agama dengan sangat baik,” ungkap Direktur Arrahmah Tour, Akhmad Sulkhan, Selasa (10/10/2023).
Dia mengaku bersyukur, karena biro yang dipimpinnya mendapat nilai yang membanggakan. Nilai hasil akreditasi tersebut membuktikan bahwa Arrahmah telah memiliki kualitas pelayanan dan keamanan yang tinggi dalam menyelenggarakan perjalanan ibadah umroh.
“Dengan demikian, Arrahmah Tour telah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian Agama dan dapat diasumsikan bahwa biro perjalanan Arrahmah Tour dinilai sebagai biro perjalanan yang terpercaya dan dapat dipercaya oleh masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ibadah umroh,” jelas Sulkhan.
Selain itu, nilai akreditasi yang tinggi juga dapat meningkatkan citra Arrahmah Tour sebagai institusi yang peduli terhadap kualitas dan keamanan dalam penyelenggaraan perjalanan ibadah umroh. “Maka harapannya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Arrahmah Tour dalam pelayanan perjalan umroh semakin meningkat juga,” ujarnya.
Dia menambahkan, ada lima aspek penilaian kinerja yang selama ini telah dijalankan Arrahmah Tour, yakni administrasi dan manajerial, finansia, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan kualitas pelayanan.
Sementara Ketua Lembaga Bimbingan Haji dan Umroh (LBHU) PDM Kendal, Mustofa menilai proses akreditasi yang dilakukan para asessor berjalan dengan baik, lancar dan penuh pembelajaran yang akan meningkatkan mutu perusahaan.