Bangunan Pasar Banjarsari Usung Konsep BGH, Walikota Aaf Sebut Lebih Ramah Lingkungan

Pasar Banjarsari
Pembangunan kembali Pasar Banjarsari menggunakan konsep Green Building dan bersertifikat Bangunan Gedung Hijau (BGH) oleh Kementerian-PUPR RI. (Radarpekalongan.id)
0 Komentar

Terkait pemilihan warna dari design pasar tersebut, Mas Aaf menilai lebih fokus pada warna-warna netral dan simple namun elegan.

“Ada 12 warna usulan yang paling, tapi menurut saya yang paling simple dan netral warnanya yaitu warna krem muda dikombinasi dengan warna coklat. Tapi, Saya minta sampel cat warna aslinya, karena tadi baru visual komputer. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Pekerjaan Pasar Banjarsari Sesuai Time Schedule

Sementara itu, Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Drs Supriono MM menerangkan bahwa, sesuai time schedule, bahwa pembangunan Pasar Banjarsari ini didorong 2 bulan lebih cepat dari target waktu pelaksanaan 12 bulan (1 tahun) menjadi 10 bulan.

Baca Juga:Pemkot Pekalongan Siapkan 118 Paket Peningkatan Jalan dan Saluran Lingkungan, Walikota Aaf Berharap Segera DikerjakanAgung Dorong Pemkot Pekalongan Miliki Perda Perlindungan UMKM

“Kemarin per akhir Tahun, 31 Desember 2023, progress pembangunannya sudah mencapai lebih dari 22 persen. Artinya, ada deviasi positif dari target seharusnya 20 persen. Setiap minggu, pengerjaan pembangunan pasar tersebut kami evaluasi bersama oleh tim teknis agar tetap berjalan sesuai yang direncanakan,” ungkapnya.

Supriono menyampaikan bahwa pembangunan gedung Pasar Banjarsari ini harus menerapkan Bangunan Gedung Hijau (BGH) atau green building. Dengan konsep BGH yang baru pertama kali dibangun di Kota Pekalongan ini, maka bisa menghemat energi 20-30 persen. Dimana, di dalamnya didesign ada penyerapan panas untuk dikembalikan lagi ke udara sebesar 20 persen agar bangunan tersebut lebih modern dan ramah lingkungan.

“Saat ini progress di lapangan sudah mulai pengecoran lantai 2. InsyaAllah pengecatannya sekitar bulan Maret. Tadi sudah kami konsultasikan bersama dengan Bapak Walikota untuk memilih warna yang soft dan netral yaitu warna krem muda dikombinasikan dengan coklat, akan mulai nampak nanti bulan Maret 2024,” pungkasnya. (dur)

0 Komentar