Kyai NU Restui Muhtarom Maju Pilkada Tahun 2024

PCNU Kota Pekalongan
SOSIALISASI - Para kyai dan sesepuh Nahdlotul Ulama di Kecamatan Pekalongan Selatan dan Timur menghadiri kegiatan sosialisasi Tim Siyasah PCNU di Gedung Aswaja, kemarin.
0 Komentar

PEKALONGAN – Para kyai dan sesepuh Nahdlotul Ulama di Kecamatan Pekalongan Selatan dan Timur merestui Ketua PCNU, H Muhtarom SSA  maju pada pemilihan kepala daerah Kota Pekalongan, baik sebagai Calon G1 atau G2. Hal itu terungkap dalam kegiatan sosialisasi Tim Siyasah PCNU di Gedung Aswaja, kemarin.

Wakil Rais PCNU, Kyai Mujib Hidayat MPdI menjelaskan, bila dipilihnya Ketua PCNU Kota Pekalongan, H Muhtarom untuk maju di Pilkada 2024 berdasarkan hasil musyawarah Tim Siyasah. “Bila Tim Siyasah dibentuk sesuai arahan PWNU Jawa Tengah. Strukturnya berada dibawah jajaran Syuriyah PCNU Kota Pekalongan,” ucapnya.

Untuk tugas dan fungsi Tim Siyasah PCNU Kota Pekalongan, sambung Mujib, pertama menjelaskan kepada warga NU tentang politik NU sesuai Khithoh Nahdliyyah, kedua menjalin komunikasi dengan pihak-pihak pemangku kebijakan, seperti eksekutif dan lefgislatif demi kepentingan siyasah ‘aliyah NU, ketiga mengupayakan kepentingan NU dan  warga NU  terakomodir dalam kebijakan kebijakan publik khususnya di Kota Pekalongan, serta keempat menyiapkan kader kader NU yang berkompeten utk bisa tampil dan berjuang.

Baca Juga:Cegah Stunting, Wawalkot Salahudin Ajak Calon Pengantin Periksa Kesehatan PranikahCetak Wirausaha Baru, Dinperinaker Fasilitasi Pelatihan Kerja

“Makanya, sejak terbentuknya Tim Siyasah, kami melakukan kerja-kerja, seperti bersilaturahmi dan menerima masukan dan usulan dari para Kyai, membuat jajak pendapat dengan responden Banom dan mendengarkan aspirasi dari warga juga,” ujarnya.

Dari hasil-hasil kerja tersebut, Tim Siyasah memerintahkan Ketua PCNU Kota Pekalongan untuk maju di Pilkada tahun 2024.  

“Jadi majunya KH Muhtarom bukan atas keinginan pribadi, tapi betul-betul murni keputusan dan perintah dari Tim Siyasah,” terangnya.

Selanjutnya Tim Siyasah melaporkan kepada PCNU. Kemudian PCNU mengirimkan surat kepada  partai yang meminta kader NU, yakni dari PKB untuk diproses dalam Pilkada.

“Makanya PCNU Kota Pekalongan dalam melangkah dan melakukan kegiatan selalu berpedoman pada AD/ART dan Perkum, bahkan saking hati-hatinya melapor kepada PBNU,” tegasnya.

Sementara itu, Kyai Jazuli Fajari dari unsur Syuriah menambahkan bila perjalanan kerja Tim Siyasah cukup panjang. “Hasil musyawarah Tim Siyasah kepada PCNU. Lalu sampai keputusan PCNU untuk memberikan tugas Kepada Ketua PCNU Kota Pekalongan yang disampaikan kepada PKB sudah jelas. 

0 Komentar