Pembangunan Pelabuhan Onshore Pekalongan Dimulai Akhir 2025 Setelah Syarat Lengkap

Pembangunan Pelabuhan Onshore Pekalongan Dimulai Akhir 2025 Setelah Syarat Lengkap
ISTIMEWA ONSHORE - Calon lokasi Pelabuhan Onshore di daerah Slamaran, Krapyak, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID, KOTA PEKALONGAN – Pembangunan Pelabuhan Onshore di Kota Pekalongan akan segera dimulai setelah seluruh persyaratan, termasuk Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), terpenuhi.

Proyek ini dijadwalkan untuk mulai konstruksi pada akhir 2025 dan diharapkan mendukung pengembangan kawasan minapolitan serta meningkatkan produksi perikanan di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pekalongan, Sugiyo, menyatakan bahwa seluruh rencana pembangunan pelabuhan sudah disiapkan dan kini tinggal menunggu kelengkapan izin.

Baca Juga:Massa Desak KPU Batang Ungkap Keabsahan Ijazah Paslon Pilkada 2024Dua Mantan Pengurus KONI Pekalongan Divonis 1,3 Tahun Penjara Terkait Korupsi Dana Hibah

“Rancangan sudah selesai, kami hanya menunggu kelengkapan AMDAL dan persyaratan lain. Jika semuanya lancar, pembangunan akan dimulai pada akhir 2025,” ujar Sugiyo, Selasa (22/10/2024).

Proyek yang dikelola oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp 467 miliar dan akan dibangun di atas lahan seluas 20 hektare, termasuk lahan eksisting dan hasil reklamasi.

Pelabuhan ini akan memanfaatkan area pantai dan laut untuk dermaga serta kolam tambat labuh.

“Pembangunan pelabuhan ini akan dilaksanakan dalam satu tahap terpadu, tanpa proses bertahap, dan diselesaikan sesuai rencana,” tambah Sugiyo.

Dengan pelabuhan onshore ini, Kota Pekalongan diharapkan dapat memiliki pelabuhan penghubung strategis yang akan mendukung aktivitas perikanan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di masa depan.

0 Komentar