5 Khasiat Baik Buah Delima untuk Kesehatan, Manjur Bikin Daya Ingatmu Makin Tokcer

khasiat baik buah delima untuk kesehatan
Ilustrasi buah delima (freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.IDBuah delima memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik di dalamnya. Tak heran jika khasiat baik buah delima untuk kesehatan kita. Ketahui yuk apa saja khasiat dari buah yang satu ini.

Buah delima adalah salah satu buah yang tersebar di daerah subtropik sampai tropik. Berasal dari daerah Timur Tengah, namun banyak juga tumbuh di wilayah Cina Selatan bahkan Asia Tenggara.

Buah dengan nama latin Punica granatum ini selain dikembang biakan sebagai tanaman hias, juga diyakini sebagai tumbuhan obat. Ini dikarenakan buah delima mengandung banyak nutrisi di dalamnya.

Baca Juga:Buah Delima Bagus untuk Kesehatan Lho, Buruan Ketahui 5 Manfaatnya untuk Tubuhmu di Sini6 Manfaat Buah Delima dalam Menjaga Kesehatan, Menyegarkan tapi Tetap Aman untuk Tubuhmu

Beberapa nutrisi yang terkandung adalah kalori, protein, lemak, serat, karbohidrat. Selain itu jika mengkonsumsi buah delima dengan ukuran 282 gram, maka kamu juga akan mendapatkan kandungan kalsium, kalium, magnesium, fosfor, folat dan berbagai macam vitamin.

Dari beberapa kandungan tersebut, beberapa persennya dapat memnuhi kebutuhan harian dalam tubuh kita.

Namun perlu diingat untuk mendapatkan manfaatnya secara utuh, kamu mungkin bisa memakan buahnya secara langsung tanpa diolah menjadi apapun.

Nah langsung saja yuk kita membahas apa saja khasiat baik buah delima untuk kesehatan kita.

Khasiat Baik Buah Delima untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan saluran kemih

Khasiat baik buah delima untuk kesehatan yang pertama adalah, mencegah bakteri yang terdapat pada dinding kemih. Ini disebabkan oleh adanya antioksidan pada buah delima.

Selain itu kandungan pada buah delima dapat mengatur konsentrasi fosfat, kalsium dan oksalat dalam darah, sehingga saluran kemih bisa lebih sehat.

2. Mencegah kanker

Buah delima memiliki kandungan antosianin, tanin, dan ellagitanin. Dimana senyawa-senyawa tersebut memiliki sifat anti-inflamasi, anti-tumorgenik, dan anti-proliferatif.

Baca Juga:Wajib Tahu, 5 Destinasi Wisata di Petungkriyono, Bikin Senang dan Tenang PastinyaSangat Cantik, Ini 4 Wisata Curug Indah di Pekalongan yang Siap Memanjakan Penglihatanmu

Senyawa-senyawa tadi dapat mencegah adanya sel kanker dalam tubuh kita. Salah satu penelitian dari Molecular Carcinogenesis mengenai kanker prostat, dikatakan bahwa ekstrak buah delima merah mampu membantu memperlambat perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Walaupun demekian penelitian tentang khasiat baik buah delima sebagai antikanker masih butuh diteliti lebih lanjut.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Buah delima mengandung senyawa ellagitannin, seperti punicalagin dan granatin B. Dua senyawa tersebut baik untuk menurunkan resiko penyakit jantung dengan cara menangkal radikal bebas yang ada pada tubuh.

0 Komentar