6 Life Skills yang Harus Kamu Punya di Dunia Kerja

life skills
Memiliki banyak life skills sangat penting di dunia kerja. (unsplash)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Life skills memiliki definisi sebagai kemampuan manusia agar dapat bertahan hidup. Maka, memiliki life skills penting dalam hidup.

Pentingnya life skills ini memiliki kedudukan yang sama dengan soft skill maupun hard skill. Adapun kemampuan ini penting untuk dapat dikuasai sehingga dapat melaksanakan tanggung jawab di tempat kerja dengan baik.

Sejatinya life skills tidak diajarkan ketika kita masih mengenyam bangku pendidikan, kesulitan hidup yang kita alami dapat teratasi dengan kemahiran life skills yang kita miliki. Contoh saja seperti ketika kamu kelaparan sedangkan tidak ada warung atau restoran yang buka pada saat itu, maka kamu perlu untuk memasak demi kebutuhab pangan kamu agar tercukupi.

Baca Juga:5 Efek Buruk Mengeringkan Rambut dengan Hair DryerManfaat Bangun Pagi: Terbukti Bagus untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Hal tersebut memiliki persamaan ketika kamu memiliki life skills di dunia kerja. Cara kamu berpikir, mengambil keputusan, dapat menyelesaikan masalah, adalah hal atau life skill yang penting dan harus kamu kuasai ketika berada di tempat kerja.

Pengertian Life Skills

Adapun kesimpulannya, life skills atau life skill adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk dapat mengelola aktivitas dan tantangan pada kehidupan sehari-hari. Dengan menguasai keterampilan ini maka dapat membuat kamu menangani berbagai hal dengan baik, seperti dengan cara berinteraksi dengan orang lain ataupun dengan mengelola emosi.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa life skill yang harus dimiliki di dunia kerja:

1. Kemampuan dalam berkomunikasi

Berkomunikasi secara efektif adalah salah satu life skill yang harus dimiliki masing-masing individu di tempat kerja. bekerja merupakan salah satu kegiatan dalam hidup. Jadi, life skill sangat diperlukan untuk kamu sebagai kemampuan yang kamu butuhkan dalam menjalankan pekerjaan dengan baik.

Dengan menguasai atau memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka kamu dapat dengan mudah berinteraksi dengan lingkungan sekitar sekaligus kamu dapat meningkatkan soft skill yang kamu miliki.

2. Mampu memecahkan masalah

Dilansir dari laman kitalulus, life skill adalah mengenai kecakapan manusia ketika dihadapkan pada sebuah permasalahan. Di dunia kerja, kita akan dihadapkan pada berbagai kejadian yang tak terduga entah itu sesuai dengan jobdesk yang kita emban ataupun bukan.

0 Komentar