Pentingnya Mengelola Waktu yang Baik dan Cara Manajemennya

Pentingnya Mengelola Waktu yang Baik
Pentingnya mengelola waktu yang baik dan cara membuatnya. (Twitter/@PosIndonesia)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Mengelola waktu yang baik itu diperlukan bagi semua orang. Tentunya setiap orang di dunia ini, baik itu pebisnis handal, pekerja kantoran, freelancer, pengangguran, anak sekolah, sama-sama diberikan waktu 24 jam di setiap harinya.

Nah, yang membedakan orang sukses dengan yang tidak adalah bagaimana manajemen waktu mereka. Orang yang sukses biasanya punya manajemen waktu yang baik.

Pentingnya mengelola waktu yang baik

Pentingnya mengelola waktu yang baik (Image by DilokaStudio)

Baca Juga:Menghayati Heroisme Rakyat Aceh dalam Melawan Belanda demi Meraih Kemerdekaan IndonesiaGampang Sakit? Ayo Simak Cara Mengecek Imunitas Tubuh Berikut Ini!

1. Dalam Sehari cuma Ada 24 Jam

Setiap orang punya 24 jam per harinya atau dengan kata lain terbatas. Dari waktu yang terbatas tersebut, tidak semua bisa digunakan untuk bekerja atau produktif.

Bagaimana kita mengelola 24 jam ini yang menjadi kunci kesuksesan dalam melakukan suatu hal.

2. Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Dengan mengelola waktu yang baik, pembagian waktu kerja dan istirahat bisa terbagi dengan baik serta adil agar sistem imun tidak drop akibat bekerja secara belebihan.

3. Mengetahui Seberapa Besar Load yang Kita Punya

Dari mengelola waktu yang baik itu, kita bisa tahu seberapa besar load atau beban kerja yang sedang kita miliki.

4. Menyusun Prioritas

Mengelola waktu yang baik tidak lepas dari penyusunan prioritas yang bagus.Dari matriks eisenhower, prioritas bisa dibagi berdasarkan:

  • Urgent, penting
  • Tidak urgent, penting
  • Urgent, tidak penting
  • Tidak urgent, tidak penting

Peran mengelola waktu adalah melihat seberapa besar jatah di bagian prioritas tersebut.Prioritas yang jelas akan membuat fokus kita naik, sehingga mencapai tujuan bisa lebih mudah.

5. Mengurangi Rasa ingin Menunda

Mengelola waktu yang baik akan melatih kita untuk berkata tidak kepada mager dan menunda melakukan sesuatu serta terbiasa stick to the plan/schedule.

Cara Membuat Manajemen Waktu

Cara Manajemen waktu (Image by jcomp)

Baca Juga:Mewaspadai Bahaya Obesitas pada Pria DewasaMengenal Jenderal Sudirman Bergerilya untuk Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Separuh Paru-Paru

1. Tentukan Ambisi/Keinginanmu

Basis dari mengelola waktu yang baik itu tidak hanya dari load yang sedang kita lakukan saja, tetapi juga tujuan yang sedang ingin kita tuju.

Contohnya, kalau tujuan kita adalah mendapatkan nilai bagus saat ujian sekolah, maka alokasi waktu latihan soal soal lebih banyak.

0 Komentar