Benarkah Minum Kopi Bisa Menyebabkan Kerontokan Rambut? Inilah Penjelasannya!

Minum kopi
Minum kopi bisa bikin rambut rontok, benarkah? (Foto : freepik.com)
0 Komentar

Radarpekalongan.id – Benarkah minum kopi bisa menyebabkan kerontokan rambut? Rambut rontok bisa mengurangi rasa percaya diri.

Namun benarkah kebiasaan minum kopi memengaruhi kesehatan rambut? Inilah penjelasannya.

Kebanyakan orang yang terbiasa minum kopi di pagi hari akan merasakan sesuatu yang aneh atau merindukan sesuatu jika tidak minum kopi, itulah mengapa minum kopi dikaitkan dengan aktivitas rutin atau aktivitas sehari-hari.

Kopi memiliki banyak manfaat sehat bagi tubuh, asalkan anda meminumnya dalam porsi dan dosis yang dianjurkan.

Baca Juga:8 Merk Kopi Yang Rasanya Mantap dan Wajib Kamu CobaRasa Enaknya Sudah Melegenda, Ini Dia 5 Rekomendasi Warung Bakso Super Enak di Pekalongan

Namun ada juga dampaknya bagi kesehatan, misalnya dengan menurunkan kualitas tidur hingga membuat tubuh bergantung pada kafein yang terkandung di dalam kopi.

Selain itu, ada juga rumor bahwa kebiasaan ngopi ini bisa menyebabkan rambut rontok hingga rusak.

Karena di dalam teh hitam dan kopi terdapat kandungan zat besi yang berlebihan sehingga menyebabkan kerontokan rambut.

Dalam laporan NY Post Dr. Sara Kayart menjelaskan bahwa kehilangan 100-150 helai rambut sehari adalah hal yang normal. Namun, jika Anda mengalami kerontokan lebih dari 150 helai rambut sehari, bisa jadi karena penyebab lain, seperti stres.

Karena pada kebanyakan kasus, kerontokan rambut pada seseorang akan berkurang begitu tingkat stresnya berkurang.

Dr. Kayat menyarankan orang yang menderita kerontokan rambut untuk tidak menggunakan kafein, karena dapat memperburuk kerontokan rambut.

Tahukah anda bahwa kandungan tannin pada kopi hitam dapat menghalangi penyerapan zat besi, yang menurunkan kadar zat besi dalam tubuh dan menyebabkan kerontokan rambut?

Baca Juga:Bakso Aci Akang, Jadi Pilihan Kuliner Kuah Saat Kamu liburan di PekalonganIni 6 Obat Alami Tifus, Ternyata dari Semua Bahan Dapur!

Jika anda pecinta teh hitam, pertimbangkan untuk mengurangi minum atau menggantinya dengan teh hitam, teh hijau”, saran Dr. KayĆ¢t.

Sedangkan kandungan tanin secangkir kopi sekitar 4,6%, dibandingkan teh yang mencapai 11,2% tanin. Efek kopi menyebabkan kerontokan rambut tidak sebesar teh hitam.

Namun, Dr. Kayat menambahkan bahwa kekurangan zat besi bukanlah satu-satunya hal yang dapat merusak rambut. Tapi intoleransi laktosa juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Karena tidak bisa minum susu sapi, suplai nutrisi rambut berkurang.

0 Komentar