Tidak Disangka! Musik Beri 4 Manfaat Ini Pada Kesehatan Mentalmu

Manfaat musik dalam hidupmu
Manfaat musik dalam hidupmu. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Tidak mengherankan jika penggemar musik tidak terhitung lagi. Menikmati seni ini membawa banyak emosi bagi manusia, mulai dari tenang, senang, hingga penuh semangat.

Namun, tidak hanya sebatas itu, musik secara mengejutkan memiliki berbagai manfaat yang mengambil andil dalam kesehatan mentalmu. Artikel ini akan membahas bagaimana seni suara yang satu ini sangat kamu butuhkan dalam hidup karena segudang manfaatnya.

Manfaat yang Ditawarkan Musik pada Kesehatan Mentalmu

Membantu Mengatasi Rasa Sakit

Baca Juga:4 Manfaat Psikologis dari Mendengarkan Musik5 Praktik Self-Care untuk Setiap Area dalam Dirimu

Penelitian telah menunjukkan bahwa musik dapat sangat membantu dalam pengelolaan rasa sakit. Satu studi tentang pasien fibromyalgia menemukan bahwa mereka yang mendengarkannya hanya satu jam sehari mengalami pengurangan rasa sakit yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang berada dalam kelompok kontrol.

Pada akhir masa studi empat minggu, peserta yang mendengarkan seni ini setiap hari mengalami penurunan yang signifikan dalam rasa sakit dan depresi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terapi dengan karya seni ini bisa menjadi alat penting dalam pengobatan nyeri kronis.

Tinjauan penelitian tahun 2015 tentang efeknya pada manajemen nyeri menemukan bahwa pasien yang mendengarkan lagu dan karya suara lainnya sebelum, selama, atau bahkan setelah operasi mengalami lebih sedikit rasa sakit dan kecemasan daripada mereka yang tidak mendengarkan musik.

Meskipun mendengarkan alunan ini kapan saja efektif, para peneliti mencatat bahwa mendengarkannya sebelum operasi menghasilkan hasil yang lebih baik. Tinjauan tersebut melihat data dari lebih dari 7.000 pasien dan menemukan bahwa pendengar karya jenis ini juga membutuhkan lebih sedikit obat untuk mengatasi rasa sakit mereka.

Ada juga sedikit lebih besar, meskipun tidak signifikan secara statistik, peningkatan hasil manajemen nyeri ketika pasien diizinkan untuk memilih musik mereka sendiri.

Membantumu Tidur Lebih Baik

Insomnia adalah masalah serius yang mempengaruhi orang-orang dari semua kelompok umur. Meskipun ada banyak pendekatan untuk mengatasi masalah ini, penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik yang menenangkan dapat menjadi solusi yang aman, efektif, dan terjangkau.‚Äč

Dalam sebuah penelitian yang mengamati mahasiswa, peserta mendengarkan jenis karya klasik, buku audio, atau tidak mendengarkan sama sekali sebelum tidur selama tiga minggu. Peneliti menilai kualitas tidur sebelum dan sesudah intervensi.

0 Komentar