Tidak Terduga! Berkencan dengan Orang yang Bukan Tipemu Bisa Menjadi Hal yang Baik

Orang yang bukan tipemu
Orang yang bukan tipemu. (Sumber: freepik.com)

Tidak dapat disangkal bahwa kamu semua memiliki “tipe” romantis dalam beberapa hal. Ada berbagai macam ciri fisik, nilai-nilai, atau perilaku yang mungkin membuat seseorang lebih atau kurang menarik bagi kamu. Namun, tahukah kamu bahwa memilih orang yang bukan tipemu sebagai pasangan dalam hubungan romantis justru bisa menjadi hal yang baik?

Kamu mungkin menyukai bahu lebar, tawa bernada rendah, kecerdasan, rasio pinggang-pinggul yang kuat, seseorang yang mengirim pesan selamat pagi setiap hari, sikap politik sayap kiri…daftarnya terus bertambah.

Meski memiliki tipe adalah hal yang wajar, bukan berarti kamu selalu memilih pasangan yang tepat untuk kamu menggunakan lensa ini. Memiliki tipe orang tertentu bisa sangat membatasi kamu untuk hanya berkumpul dengan orang-orang tertentu serta menghindari orang yang bukan tipemu, dan itu bisa berarti membuang orang lain yang mungkin memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada kamu dan yang sebenarnya bisa menjadi pasangan ideal bagi kamu.

Untungnya, jika kamu adalah seseorang yang terpaku hanya pada berkencan dengan orang yang sesuai dengan tipemu, ada cara untuk membantu dirimu sendiri agar tidak terlalu cepat menghakimi orang yang bukan tipemu —dan bahkan mungkin menemukan cinta abadi dengan orang yang bukan tipemu ini dan tidak pernah kamu duga.

Baca juga 4 Tipe Timbal Balik dalam Interaksi, Kamu Berhak Mendapatkannya!

Tidak ada salahnya jika kamu tertarik pada seseorang yang memiliki kualitas tertentu (alias tipemu), tetapi jika kamu terlalu terpaku pada detail-detail ini sebelum kamu mengenal seseorang, hal itu dapat menghalangimu dari banyak jodoh yang hebat, terutama orang yang bukan tipemu.

Luangkan waktu untuk merenungkan polamu sendiri dan alasan mengapa kamu mendambakan kualitas tertentu—bahkan mungkin membicarakannya dengan terapis—dan berikan kesempatan pada raja pendek itu.

Mengapa Kamu Tertarik pada Tipe Tertentu

Tipe orang yang membuat kamu tertarik dapat mencakup setiap bagian dari manusia: Kamu mungkin tertarik pada tinggi badan tertentu, fisik tertentu, ciri kepribadian, atau bahkan sikap. “Hubungan pribadi sangatlah kompleks dan memiliki banyak segi,” kata Tanya Dmitrieva, terapis seks bersertifikat dan salah satu pendiri platform kesehatan Deep.