Takut Bicara ? Ini Penyebab dan 4 Tipsnya Oh Su Hyang

takut bicara, tips mengatasi takut bicara
Takut Bicara, ini penyebab dan tipsnya Oh su Hyang. (foto.created admin)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.IDTakut bicara ? Ya, tidak semua orang memiliki kepercayaan diri untuk berbicara di depan banyak orang. Pada dasarnya, setiap orang memang memiliki gaya bicaranya sendiri. Ada yang dengan percaya diri berbicara di depan orang banyak dan ada pula yang takut bicara, gugup atau demam panggung saat presentasi. Lalu kenapa siih banyak orang yang takut bicara di depan umum ?

Ternyata ada beberapa penyebabnya looh ! Menurut Oh Su Hyang, seorang dosen dan pakar komunikasi  terkenal di Korea Selatan, menyebutkan dalam bukunya yang berjudul  ‘Bicara Itu Ada Seninnya’ bahwa  ada 2 penyebab kenapa orang takut bicara. Yuk baca alasan kenapa kamu takut berbiara !

Alasan Takut Bicara

  • Trauma salah ucap

Ternyata pengalaman salah ucap bisa menjadi trauma yang menyebabkan kamu takut bicara didepan umum lagi looh. Trauma salah ucap bisa menjadi hambatan utuk memaparkan presentasi saat kuliah atau di dunia kerja, orang dengan gejala ini memiliki ciri-ciri seperti : berbicara terbata-bata, suara kecil, gagap berlebihan, dan tidak berani menatap orang lain.

Baca Juga:TapCash BNI Spesial Edisi NCT 127 ‘2 Baddies’ Diserbu PenggemarKorean Wave Booming, Apa Alasan Dibaliknya?

Sebagian bisa menampakan gejala seperti itu, karena merasa tidak percaya diri yang disebabkan luka psikologis. Trauma ini bisa di sembuhkan dengan cara memulihkan rasa percaya diri.

  • Rasa rendah diri yang tinggi

Rasa rendah diri bisa muncul karena berbeda dari yang lain, dan dikucilkan karena perbedaan tersebut. Seperti  halnya salah satu presiden Amerika; Barack Obama, meskipun keturunan orang kulit hitam, dia adalah ‘anak blasteran’, sehingga Obama tidak diakui oleh murid-murid kulit hitam dan kulit putih. Hal ini menyebabkan trauma dan rasa rendah diri yang tinggi walaupun dia memiliki kemampuan berpidao yang tinggi.

Akan tetapi rasa trauma dan rendah dirinya itu dia jadikan sebagai energi untuk tumbuh, Obama berhasil untuk berbiacara di depan orang banyak dengan percaya diri hingga mampu menggerakan hati Audiensnya.

Tips Agar Percaya Diri untuk Berbicara

Lalu bagaimana caranya kita agar semakin berani berbicara di dengan percaya diri ? ada beberapa tips dari Oh Su Hyang untuk kita semakin percaya diri berbiacara di depan publik niih

0 Komentar