11 Hari Warga dan Petugas Singkirkan Longsor, Jalan Bodas-Klesem Bisa Dilalui Kendaraan

11 Hari Warga dan Petugas Singkirkan Longsor, Jalan Bodas-Klesem Bisa Dilalui Kendaraan
Material longsor yang menutup jalan Bodas-Klesem sudah dibersihkan. (Hadi Waluyo)
0 Komentar

KAJEN, Radarpekalongan.id – Setelah bekerja keras selama 11 hari membersihkan gunungan longsor yang menutup badan jalan, akses jalan Desa Bodas ke Klesem di Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan sudah bisa dilalui kendaraan, Kamis, 24 November 2022.

Pengguna jalan yang melintasi jalur Bodas-Klesem diminta ekstra hati-hati. Jalanan masih licin. Karena sisa tanah masih banyak di jalur itu.

Tebing setinggi 59 meter di Desa Bodas longsor, Sabtu (12/11/2022). Material longsor berupa tanah menutup badan jalan. Akses Bodas ke Klesem pun tertutup.

Baca Juga:Pemilik Toko Ditemukan Tewas, Warga Pegaden GemparKasus Penembakan Mobil Aktivis di Kabupaten Pekalongan Terus Berjalan

“Alhamdulilah jalan yang tertutup longsor saat ini sudah bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat,” kata Bhabinkamtibmas Polsek Kandangserang, Bripka Sugito, Kamis (24/11/2022).

Dikatakan, setelah dilakukan pembersihan selama 11 hari menggunakan alat berat dan dibantu oleh warga sekitar, jalan yang tertutup longsor akhirnya sudah dibuka. Namun pengendara diimbau untuk ekstra hati-hati. Pasalnya jalan masih licin dikarenakan ada bekas tanah.

Diungkapkan, kendala saat pembersihan material longsor adalah cuaca yang sering berubah-ubah. Intensitas hujan masih kerap mengguyur wilayah pegunungan tersebut.

“Rencananya untuk besok akan dibuatkan irigasi di lokasi sekitar longsor,” ungkapnya.

Bripka Sugito menambahkan, bagi pengendara kendaraan bermotor yang melintas di jalan Desa Bodas, perbatasan dengan Desa Klasem untuk selalu hati-hati, terutama di lokasi tanah longsor.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu hati-hati dan waspada, mengingat jalan masih banyak tanahnya dan licin,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, tebing setinggi 59 meter di Desa Bodas, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, longsor dan menutup akses jalan desa, Sabtu (12/11/2022).

Baca Juga:Tangani Puting Beliung, Taruna Akpol Dapat PenghargaanTerlilit Utang, Suharti Terjun Ke Sungai Sragi

Kadus Bodas Handoyo saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut.“Betul, longsor tersebut terjadi pada Sabtu (12/11/2022) sore, sekitar pukul 17.30 WIB. Longsoran tanah menutup akses jalan desa antara Desa Bodas dan Desa Klesem,” kata Handoyo. (had)

0 Komentar