Siswa Ikut Jaga Lingkungan Sekolah, SDN KP 2 Bentuk Kader Adwiyata

Siswa Ikut Jaga Lingkungan Sekolah, SDN KP 2 Bentuk Kader Adwiyata
TANAM - Kader adiwiyata sedang menanam pohon di lingkungan sekolah
0 Komentar

PEKALONGAN, Radarpekalongan.id – Menjadi salah satu sekolah yang ditetapkan jadi sekolah adiwiyata, SDN Kandang Panjang 2 (SDN KP 2) turut serta melibatkan siswa dalam menjaga lingkungan sekolah dengan membentuk kader Adiwiyata dari kalangan siswa.

Disampaikan Kepala SDN KP 2 Ahmad Mulyono bahwa kader Adiwiyata ini dibentuk dengan komposisi 10 persen dari total jumlah siswa yang ada di SDN KP 2. Hal ini tentunya bermaksud memudahkan dan mengefektifkan lantaran usai anak SD yang membutuhkan perhatian khusus dalam ikut melakukan program.

“Siswa kami cukup banyak, ada 420an siswa. Jadi kalau angka 10 persen kader adiwiyata yang kami miliki ada sekitar 42 anak yang ikut memantau menjaga lingkungan,” ungkap Mulyono.

Baca Juga:Targetkan 65% Peningkatan Jabatan Fungsional Lektor Kepala dan Guru BesarJurnalis Cilik SD Muhamka Gali Kurikulum Merdeka

Kader adiwiyata ini dibentuk dan dibina langsung oleh pembina sekolah yang bertugas dalam program adiwiyata. Dimana para pembina sebelumnya sudah dilatih oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pekalongan.

Dijelaskan lebih lanjut, kader adiwiyata ini sangat membantu dalam menjaga lingkungan sekolah. Pasalnya dengan jumlah siswa yang banyak jika hany mengandalkan guru untuk memantau akan kesulitan. Maka yang paling efektif adalah saling mengingatkan antar siswa untuk menjaga kehijauan lingkungan dan kebersihan lingkungan.

“Kami berharap, kader adiwiyata ini bisa menjadi pelopor bagi siswa lainnya untuk senantiasa menjaga lingkungan agar tetap bersih, sehat dan nyaman untuk belajar,” pungkasnya.(mal).

0 Komentar