Unikal Gelar Pelatihan Literasi Keuangan dan Pemasaran di Kelurahan Bandengan

Unikal Gelar Pelatihan Literasi Keuangan dan Pemasaran di Kelurahan Bandengan
FOTO - Peserta pelatihan dan tim PKM berfoto bersama
0 Komentar

PEKALONGAN, Radarpekalongan.id – Beberapa waktu lalu FEB Unikal bekerjasama dengan Kelurahan Bandengan Kota Pekalongan menggelar kegiatan pengabdian masyarakat pelatihan literasi keuangan dan pemasaran pada UKM “Wanita Telang Mandiri” Kelurahan Bandengan Kec. Pekalongan Utara Kota Pekalongan yang didanai oleh LPPM Unikal.

Desa Bandengan sendiri merupakan salah satu Desa Binaan Universitas Pekalongan, yang mempunyai potensi desa yang perlu dikembangkan lebih lanjut yaitu “Bunga Telang”, yang telah diolah menjadi Produk Teh Bunga Telang.

Namun, disampaikan oleh Ketua tim PKM Ari Muhardono, S.Kom., M.Kom bahwa UKM ini masih minim pengetahuan terkait dengan Literasi Keuangan dan Pemasaran. Sehingga PKM ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat yang tergabung dalam UKM Wanita Telang Mandiri dalam pengetahuan keuangan dan pemasaran di era digital.

Baca Juga:Digitalisasi Perpustakaan, Sarana Penuhi Instrumen Sekolah PenggerakMental Miskin Orang Tua Dapat Hambat Kesuksesan Anak

“Kami disini berbagi pengetahuan tentang gambaran bagaimana cara menghitung harga pokok penjualan, mekanisme pembiayaan modal usaha dan literasi pemasaran seperti :strategi packaging, optimalisasi foto produk, dan Strategi Digital Marketing. Semoga kegiatan bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan omset penjualan Teh Bunga Telang,” ungkap Ari.

Dijelaskan lebih lanjut, sebagai wujud keseriusan pelatihan. PKM Unikal pun mengahadirkan narasumber- narasumber yang berkompeten di bidangnya untuk membantu mencarikan formula yang terbaik bagi petani Telang.

Narasumber tersebut yaitu Zahro, S.E., M.Si, ia memaparkan materi tentang Strategi Produk agar dibeli Konsumen, bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya Pembelian diantaranya : orang dengan segala keinginannya, daya beli masyarakat, dan kemampuan untuk membelanjakannya.

Lalu, narasumber kedua adalah Anggrainy Putri A, S.E., M.Si, yang menyampaikan materi tentang bagaimana cara menghitung dan menentukan harga pokok penjualan selanjutnya materi tentang mekanisme pembiayaan dari Bank dan Lembaga Keuangan.

Narasumber ke tiga yaitu tentang Literasi Pemasaran, yang dibawakan Dr. Danang Satrio, S.E., M.M. Ia memaparkan materi tentang Strategi Packaging dan Kemasan, bagaiamana agar konsumen tertarik membeli produk kita dengan melihat kesan pertama yaitu kemasan. Kemasan juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian. dilanjutkan dengan materi tentang “Strategi Foto Produk”, bagaimana kita dapat mengoptimalksan HP untuk menghasilkan foto produk yang menarik konsumen.

0 Komentar