Dapat Alokasi BKK Dusun, 6 Dusun di Kendal Ini Bisa Bangun Infrastruktur Publik

Dapat Alokasi BKK Dusun, 6 Dusun di Kendal Ini Bisa Bangun Infrastruktur Publik
PENINJAUAN - Sekda Kendal, Sugiono saat meninjau realisasi program BKK Dusun di Desa Sarirejo, Kecamawan Kaliwungu, Kamis (15/10/2022). (DOK ISTIMEWA)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Dusun yang digulirkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Seperti di Desa Sarirejo, Kecamatan Kaliwungu, enam dusun yang mendapatkan alokasi BKK akhirnya bisa membangun infrastruktur publik yang dibutuhkan warganya.

Hal itu diketahui saat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kendal, Sugiono, meninjau langsung realisasi BKK Dusun di Desa Sarirejo, Kamis (15/10/2022) kemarin. Ia didampingi Kepala Dispermasdes Kendal, Yanuar Fatoni dan Kepala Desa Sarirejo, Zaenal Mutaqin beserta para perangkat desa.

Kepala Desa Sarirejo, Zaenal Mutaqin, menyampaikan ucapan terima kasih masyarakat dan pemerintah desa kepada Pemerintah Kabupaten Kendal, terutama Bupati Kendal, yang sudah memberikan Bantuan Keuangan Khusus Dusun di Desa Sarirejo.

Baca Juga:Program Kendal Cerdas, 159 Siswa SMP Berprestasi Diberi Beasiswa[PUISI] Rindu Ayah

Menurut Zaenal, ada enam dusun di desanya yang tahun ini mendapatkan BKK dusun dan sudah dilaksanakan untuk membangun infrastruktur publik. Ada Dusun Karangsari yang membangun infrastruktur jalan, Dusun Sarimulyo juga bangun infrastruktur jalan, Mulyorejo infrastruktur jalan, Rombong infrastruktur jalan, Plembangsari untuk pengadaan lampu penerangan jalan, dan Kaumanlor untuk pengolahan sampah.

Zaenal menyebut infrastruktur tersebut dibangun sesuai kebutuhan lokal masing-masing. Karena itu, masyarakat di enam dusun tersebut juga kini bisa merasakan manfaat dari realisasi BKK Dusun. “Saya juga berharap, untuk tahun berikutnya tetap bisa mendapatkan BKK Dusun, agar dusun-dusun semakin maju lagi,” harap Zaenal Mutaqin.

Dalam kesempatan itu, Sekda Sugiono meninjau langsung hasil realisasi program BKK Dusun di enam dusun sambil berinteraksi dengan masyarakat setempat. Ia ingin memastikan pembangunannya sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dijelaskan Sugiono, melalui program BKK Dusun, Pemkab Kendal ingin menunjukkan salah satu arah pembangunan daerah yang dimulai dari bawah, yakni berbasis dusun, didukung pembangunan lainnya yang sesuai kebutuhan masyarakat setempat.

“Di sisi lain, pembangunan yang dari atas, seperti jalan-jalan nasional, Provinsi, dan Kabupaten juga dibangun, sehingga nantinya infrastruktur baik dari bawah maupun atas bisa selesai serempak,” terangnya.

Sekda juga berharap, program BKK Dusun ini bisa berjalan dengan baik, dan manfaatnya dapat dirasakan, terutama meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Kendal. (sef)

0 Komentar