Quarter Life Crisis, Tersesat di Seperempat Abad Masa Hidup dan Cara Mengatasinya

quarter life crisis, krisis seperemat abad, stres
0 Komentar

Insecure

Pada fase quarter life crisis, kecenderungan untuk  membandingkan diri sendiri dengan orang lain akan semakin meningkat. Rasa kecewa atas diri sendiri karena tidak bisa mendapat apa yang orang lain dapat akan berujung pada rendahnya harga diri serta timbul perasaan hidup yang tengah dijalani tidak cukup baik.

Fase Quarter Life Crisis

Robinson dalam suatu jurnal artikel kesehatan mental menyebutkan bahwa ada 5 tahapan fase quarter life crisis yang biasa di alami oleh individu, yaitu:

  1. Fase pertama. Ketidak mampuan memutuskan sesuatu sertakesulitan untuk memecahkan masalah, menyebabkan seorang individu merasa terjebak dengan kondisinya saat itu.
  2. Fase kedua. Munculnya dorongan untuk berubah.
  3. Fase ketiga. Fase di mana seorang individu mulai bisa keluar dari zona nyaman dan memulai hal baru.
  4. Fase keempat. Mulai membangun kehidupan baru dan mulai bisa mengarahkan target serta tujuan hidup.
  5. Fase kelima. Mulai menjalani kehidupan berdasarkan nilai moral serta minal yang dianut oleh individu tersebut.

Cara Menghadapi Quarter Life Crisis

Walaupun nampak menyeramkan, namun quarter life crisis merupakan kesempatan yang tepat untuk seirang indicvidu melakukan evaluasi diri dan mencari minat serta bakat baru. Fase ini adalah waktu yang tepat untuk mencari jati diri yang sebenarnya.

Baca Juga:Cara Menentukan Resolusi Tahun Baru 2023 Biar Tidak Sekedar Wacana

Kuncinya adalah membuat pola pikir positif. Selain itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu keluar dari quarter life crisis:

Sadari bahwa Quarter Life Crisis adalah hal yang normal

Yakinkan diri sendiri bahwa krisis identitas, krisis karir, krisis diri sendiri adalah hal wajar yang bisa dialami oleh semua orang. Yakinkan bahwa krisis ini akan muncul jalan keluarnya.

Berhenti membanding-bandingkan

Jika kamu melihat teman atau saudara yang memperlihatkan pencapaian mereka secara langsung atau lewat media sosial, cukup jdikan itu sebagai motivasi untuk terus bekermbang. Tiap orang memiliki fase dan waktunya masing-masing. Yakinlah bahwa suatu saat kamu akan mendapat pencapaian yang kamu inginkan juga.

Mulailah bertindak

Quarter Life Crisis adalah fase yang tepat untuk individu berkembang lebih jauh. lakukan hal yang menjadi minat kamu. Isi hari-hari dengan hal positif yang bisa mengarahkan kamu menuju target yang lebih jelas lagi.

0 Komentar