Ad-lib Speaking, Bikin Kamu Selalu Siap Bicara Dadakan

Ad-lib speaking, tips siap bicara dadakan
Teknik ad-lib speaking bikin tuntutan bicara secara mendadak tidak lagi menjadi masalah. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Kamu dapat melihat contoh ini untuk lebih memahami bagaimana teknik ad-lib speaking bekerja. Misalnya,  kata ‘pintu’ dipilih untuk dijelaskan. Kemudian dihasilkan rangkaian kalimat berikut.

“Sadarilah dalam hidup  bahwa banyak pintu yang bisa mengantarkan kita untuk sukses. Jika satu pintu tertutup, maka kesempatan akan datang dari pintu lain yang terbuka.”

Tips kuasai teknik ad-lib speaking

Tips kuasai teknik ad-lib speaking agar tak cemas berbicara dadakan. (Sumber: freepik.com)

Baca Juga:Love Bombing: Dicintai atau Dimanipulasi?Ngomong Keren Tanpa “Eee” atau “Emmm”: Yuk, Kurangi Filler Words atau Gagap Saat Berbicara!

Penguasaan ad-lib speaking lebih berfokus pada pembiasaan. Akan tetapi, tips berikut akan membuatmu lebih mudah beradaptasi dengan cara berbicara dadakan menggunakan teknik ad-lib speaking.

1. Ekspresikan opinimu tanpa ragu

Akan lebih mudah untuk langsung mengatakan apa yang sedang terpikirkan ketika diminta untuk berbicara tentang satu hal spesifik. Terutama ketika kamu tidak memiliki waktu atau materi yang telah disiapkan sebelumnya. Terkadang, kesulitan akan muncul ketika kamu mencoba untuk menceritakan secara runtut maupun keseluruhan. Keputusan terbaik yang bisa kamu ambil adalah dengan mengatakan secara jelas apa yang kamu pikirkan kemudian mengembangkannya dengan menyertakan beberapa detail untuk mendukung pernyataanmu.

2. Mulai dengan hal yang pertama terlintas di kepala

Kamu tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan kalimat. Oleh karenanya, gunakan saja apa yang pertama kali terlintas di kepalamu. Gunakan momen ini untuk menyatu dengan arus. Sebab, ketika kamu berusaha untuk ‘mencari’ dan mengabaikan apa yang sudah terlebih dahulu terpikirkan, kemungkinan kamu justru akan panik.

3. Gunakan pengalaman pribadimu

Sesuatu akan lebih bermakna jika disampaikan dari sudut pandang pribadi seseorang. Maka, ceritakan pengalamanmu tentang topik yang akan kamu sampaikan. Dengan trik ini, kamu bisa menyampaikan energi sebagaimana yang kamu rasakan, mulai dari rasa takut hingga energi positif ketika kamu membagikan pengalaman yang penuh makna dan semangat.

4. Gunakan metode 5W1H

Kamu dapat mengembangkan pernyataan dengan metode lima W dan satu H atau 5W1H. Munculkan pertanyaan tentang siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana tentang topik yang sedang kamu garap di kepala.

0 Komentar