Self Love: 4 Cara Sederhana Belajar Mencintai Diri Sendiri

self love, mencintai diri sendiri
RAdar Pekalongan - Self Love: 4 Cara Sederhana Belajar Mencintai Diri Sendiri (Ilustrasi foto oleh Jackson David dari Unsplash)
0 Komentar

Apakah kamu sadar bahwa self love adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan kita? Seandainya saja kita selalu berpikir bahwa kita adalah orang yang tidak berguna, buruk, tidak berharga, dan sebagainya maka hal ini akan berdampak langsung terhadap kehidupan kita. Kita jadi membenci diri kita sendiri dan murung berkepanjangan.

Maka dari itu, untuk memperbaiki keadaan, kita harus mulai berpikir positif, menghargai diri sendiri, serta bangga atas apa yang telah kita capai. Semangat ini disebut dengan self love.

Mengenal Diri Sendiri dengan Self Love

Akhir-akhir ini, sudah banyak yang menyadari pentingnya rasa cinta terhadap diri sendiri. Walau agak terkesan narsistik, tapi nyatanya self love adalah hal yang penting.

Baca Juga:5 Tanda Kamu Adalah Korban Guilt Tripping, Selalu Jadi Pihak yang SalahVictim Mentality, Stop Jadi Si Paling Terluka Sejagat Raya

Beberapa ada yang beranggapan bahwa self love adalah rasa bangga terhadap diri sendiri dalam berabgai aspek kehidupan. Beberapa lainnya melihat self love sebagai cara untuk megenal diri sendiri serta mencntai diri sendiri demi kebahagiaan diri.

Manusia adalah individu yang unik dan berbeda satu dengan lainnya. Tapi masih ada beberapa orang yang melihat diri mereka dari persepsi orang lain, mencoba mngikuti gaya orang lain, dan menyetarakan diri dengan standar orang lain. Jika hidup dengan cara seperti itu, kita jelas belum mengenal diri kita sendiri. Maka di sinilah fungsi dari self love.

Mencintai diri sendiri adalah kesadaran bagi seseorang untuk memprioritaskan diri sendiri dan mulai beajar untuk tidak saling membandingkan. Bukan berarti egois, self love adalah bentuk kehendak untuk mengikuti passion serta menerima diri sendiri sebagaimana adanya.

Manfaat Self Love untuk Kesehatan Mental dan Fisik

1. Mendapat Kepuasan Hidup

Saat kita benar-benar menerapkan self love, kita akan menerima apa yang hidup berikan kepada kita.

When life gives you lemons, make lemonade

Quote di atas sangat relate dengan konsep self love dimana kita perlu tetap optimis dan positif saat hidup sedikit terasa asam. Dengan self love, kita jadi bisa menerima suka dan duka, bertanggung jawab atas segala tindakan, dan bangkit saat mengalami kegagalan.

0 Komentar