Self Love: 4 Cara Sederhana Belajar Mencintai Diri Sendiri

self love, mencintai diri sendiri
RAdar Pekalongan - Self Love: 4 Cara Sederhana Belajar Mencintai Diri Sendiri (Ilustrasi foto oleh Jackson David dari Unsplash)
0 Komentar

2. Meningkatkan Harga Diri

Jika self love diterapkan dengan baik, maka harga diri juga akan meningkat. Hal ini akan membantu kita mengelola rasa percaya diri kita serta mengubah cara pandang kita terhadap diri sendiri menjadi lebih positif.

3. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Mencintai diri sendiri bisa melepas kita dari pikiran-pikiran membenai seperti kesalahan di masa lalu atau kecemasan pada hari yang akan datang. Self love akan membantu meningkatkan rasa percaya diri dan membuat kita lebih siap untuk menjalani hari berikutnya.

Dengan begini, orang dengan self love akan merasa lebih bahagia dan bebas dari stres.

Baca Juga:5 Tanda Kamu Adalah Korban Guilt Tripping, Selalu Jadi Pihak yang SalahVictim Mentality, Stop Jadi Si Paling Terluka Sejagat Raya

4. Belajar Menghadapi Kesulitan

Orang yang mencintai dirinya sendiri cenderung lebih berpikir positif dan optimis. Hal ini membuat mereka menjadikan kesuksesan orang lain serta kegagalan mereka menjadi pelajaran penting dalam hidup.

Kita akan berhenti membandingkan diri dengan orang lain dan mulai belajar untuk menerima kesulitan serta tantangan demi target yang ingin kita capai.

Cara Menerapkan Self Love

1. Hiraukan Pendapat Orang yang berdampak Negatif

Selain mengenali diri sendiri serta benhenti membandingkan diri dengan orang lain, cara lain untuk menerapkan self love adalah menghiraukan pendapat orang lain, apa lagi jika dampak yang diberikan buruk bagi kita.

Jika terus mengikuti apa kata orang, kita akan kesulitn untuk mencapai target yang sudah ditetapkan.

2. Perlu Diingat Bahwa Tidak Ada yang Sempurna di Dunia Ini

Kita tidak perlu bisa dalam semua bidang atau tahu tentang segala hal. Setiap orang memiliki kapasitasnya masing-masing, dan kapasitas itu berdeda pada setiap orang.

Fokuslah pada hal positif yang kita miliki. Kalau pun kita melakukan kesalahan, itu adalah hal yang wajar. Kesalahan adalah sebuah proses untuk menuju kesuksesan, jadi jangan takut salah. Asal tidak berulang.

3. Kenali Rasa Takut

Sifat dasar yang manusia miliki sejak pertama kali mengenal emosi adalah rasa takut. Perasaan ini akan sangat berguna untuk menghindarkan kita dari masalah dan mengevaluasi ulang keadaan yang tengah dihadapi.

Baca Juga:5 Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih: Jadi Lebih BahagiaKetahui 6 Ciri Toxic Relationship Supaya Terhindar dari Hubungan Tidak Sehat

Saat rasa takut muncul, perkirakan kebali risiko sebelum mengambil keputusan. Dengan begitu, beban saat megambil keputusan akan terasa ringan.

0 Komentar