Saran Pakar Psikologi untuk Menghilangkan Trauma

cara menghilangkan trauma
Radar Pekalongan - Saran Pakar Psikologi untuk Menghilangkan Trauma (Ilustrasi dari Freepik)
0 Komentar

Membicarakannya

Bertemu dengan orang-orang yang pernah berada di kondisi kamu sekarang dapat membantu kamu melihat diri kamu dengan cara baru. Karena mereka yang sudah pernah mencicipi pahitnya emosi negatif truma pun juga belajar menghilangkan trauma mereka dengan sebuah keterbukaan.

Jangkau teman atau anggota keluarga yang sudah lama tidak kamu ajak bicara. Kamu mungkin akan meyadari bahwa kamu ingin berbicara dengan mereka tentang sesuatu yang berbeda, atau mungkin mereka memiliki sesuatu yang perlu kamu dengar.

Olahraga untuk kecemasan dan depresi

Jika trauma kamu mengakibatkan kecemasan atau depresi, olahraga adalah cara terbaik untuk menghilangkan gejala ini. Olahraga dapat membantu kamu mengatasi kecemasan dengan memberikan pengalih perhatian dari perasaan tak enak tersebut.

Baca Juga:5 Cara Mengatasi Sakit Hati Agar Tidak Menjadi Dendam!5 Skill Kecerdasan Emosional, Cara Memenangkan Berbagai Situasi

Olahraga juga bisa menjadi pelampiasan perasaan yang kamu kaitkan dengan trauma sehingga kamu bisa belajar menghilangkan trauma tersebut. Olahraga juga dapat membantu mengatasi depresi dengan memberi kamu tujuan dan alasan untuk bangun di pagi hari.

Mengembalikan warna dalam hidup kamu

Cara selanjutnya untuk menghilangkan trauma yang menghantui hidup kamu adalah dengan mengembalikan warna serta keceriaan yang sempat hilang. Jika kamu berada di lingkungan yang sangat kelabu sejak trauma, kamu mungkin ingin mengubahnya dan memiliki lingkungan yang lebih berwarna.

Membuat jurnal di mana kamu menuliskan perasaan tentang trauma dapat membantu melepaskan energi negatif yang terkait dengan trauma. Kamu juga dapat mencoba menggambar atau melukis untuk membantu mengekspresikan perasaan kamu. Alih-alih menulis esai di mana kamu menceritakan segalanya kepada pembaca, cobalah tulis atau gambar untuk menghidupkan perasaan kamu.

Kesimpulan

Trauma memengaruhi banyak orang, dan penting untuk menghilangkan trauma ini agar kita dapat hidup dengan normal kembali. Ada sejumlah cara agar kamu bisa mendapatkan bantuan untuk mengatasi trauma yang kamu alami. Terapi perilaku kognitif adalah cara yang bagus untuk mengidentifikasi pola yang mungkin menyebabkan kamu sakit dan mulai mengubahnya.

Terapi pemaparan dan jurnal juga dapat membantu menghilangkan perasaan yang terkait dengan trauma kamu. Dengan mengubah cara berpikir tentang trauma, kamu dapat mulai melewatinya dan mulai merasakan dan menikmati dunia lagi.

0 Komentar