Jangan Lakukan !! Inilah 4 Bahaya Dampak Kekerasan pada Kesehatan Mental Anak

Jangan Lakukan !! Inilah 4 Bahaya Dampak Kekerasan pada Kesehatan Mental Anak
Bahaya kekerasan pada kesehatan mental anak (@brgfx/freepik.com)
0 Komentar

PEKALONGAN, Radarpekalongan.id – Kekerasan dalam rumah tangga tidak hanya berbahaya bagi ke dua pasangan saja, namun juga anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang keras dan didikan yang keras bisa membahayakan anak terutama persoalan kesehatan mental.

Baik disadari atau tidak, saat ini banyak orang tua yang mendidik anak-anaknya dengan didikan yang keras, baik kekerasan fisik, verbal maupun psikologis.

Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa dampak kekerasan yang dilakukan orang tua pada kesehatan mental anak, antara lain :

Baca Juga:Inilah 10 PTN Terbaik di Jawa Tengah Versi QS AUR 2023 !Jangan Sepelekan! 4 Hal yang Perlu Ibu Ketahui tentang Growth Faltering

  1. Menutup diri

Anak-anak yang diperlakukan dengan keras oleh orang tuanya ia akan cenderung menutup diri.

Anak-anak yang hidup dilingkungan keras, diperlakukan dan melihat kekerasan yang dilakukan oleh orang-orang dilingkungannya akan membentuk ia menjadi peribadi yang penakut. Bahkan anak berpotensi merasa tidak ada yang sayang serta peduli terhadap dirinya.

  1. Panik hingga depresi

Para ahli menemukan, bahwa anak-anak yang diperlakukan kasar oleh orang tuanya cenderung akan mudah mengalami kepanikan. Anak-anak ini pun lebih mudah mengalami stres hingga depresi.

Jika depresi pada anak ini tidak di tangani dan diredakan dengan baik, maka bisa mendorong anak melakukan berbagai hal yang membahayakan dirinya.

  1. Sulit mengendalikan emosi dan gampang marah

Anak-anak yang sering diperlakukan kasar dan keras, maka ia juga akan menjadi anak yang memiliki mental yang keras pula.

Anak-anak ini cenderung lebih mudah emosi dan selalu menilai negatif orang-orang disekitarnya. Beberapa anak bahkan akan tumbuh dengan karakter yang keras pula.

  1. Berpotensi menjadi pelaku kekerasan

Yang terakhir adalah anak-anak yang sering diperlakukan kasar, akan membentuk ia untuk jadi pelaku kekerasan saat dewasa. Ia akan menganggap bahwa perlakuan tersebut adalah hal biasa dan bisa mereka lakukan kepada orang lain, sangat mungkin mereka akan menjadi pelaku kekerasan terhadap anak-anak mereka.

Baca Juga:4 Kebiasaan yang Bisa Membuat si Kecil Beresiko Terkena Infeksi Saluran PernapasanBukan Hanya Masalah Ekonomi, Penyebab Stunting Anak Bisa Karena Ibu Kurang Gizi

Itulah sekian dampak kekerasan pada kesehatan mental anak. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Mom, lebih bijak, sabar dan ramah saat merawat serta mendidik anak.(*)

0 Komentar