4 Pertanda Kamu Mengalami Birthday Blues, Kesedihan Menjelang Ulang Tahun

birthday blues, kesedihan menjelang hari ulang tahun
Radar Pekalongan - 4 Pertanda Kamu Mengalami Birthday Blues, Kesedihan Menjelang Ulang Tahun (Ilustrasi dari FreePik)
0 Komentar

Hari ulang tahun adalah sau momen dalam hidup kita yang pantas untuk dirayakan. Namun, bagaimana jika kita tidak berhasrat untuk merayakannya dan justru terpuruk sedih semakin mendekatnya hari lahir kita? Apakah wajar?

Perasaan negatif yang muncul karena kecemasan akan bertambahnya usia sering disebut dengan birthday blues atau birthday depression. Untuk mengetahui lebih lanjut, kita akan membahasnya bersama dalam artikel ini.

Apa Itu Birthday Blues?

Birthday blues adalah perasaan sedih yang muncul sebelum dan saat hari ulang tahun datang. Bahkan tak hanya perasaan sedih, beberapa orang juga mengalami kecemasan serta panik juga gugup.

Baca Juga:Dampak Disonansi Kognitif dan 3 Cara MengatasinyaDisonansi Kognitif, Alasan Mengapa Kamu Merasa Tidak Konsisten

Kecemasan ini jika tak terangani bisa meningkatkan risikko penyakit jantung serta gangguan stres pada penderitanya.

Apa yang Menyebabkan Birthday Blues?

Pada hari ulang tahun, biasanya orang akan menaruh ekspektasi tentang bagaimana hari itu akan berjalan. Ekspektasi seperti berapa banyak yang mengingat ulang tahun kita dan hadiah apa yang akan kita dapat.

Tak hanya itu, birthday blues juga bisa disebabkan oleh beberpa faktor yang bersinggungan dnegan psikologis, diantaranya:

1. Bertambah tua

Disetiap ulang tahun yang kita lewati tentu menambah nominal usia kita jadi semakin tua. Dan dengan bertambahnya usia, bertambah pula tanggung jawab di pundak kita.

Hal-hal seperti tanggungan pekerjaan, sosial, romansa, keluarga, dan lainnya kerap kali membuat kita cemas untuk bertambah usia.

2. Merasa sendirian

Hari ulang tahun sering disandingkan dengan perayaan besar dengan kue dan orang-orang terdekat. Namun jika tidak ada yang mengingat hari ulang tahun kita, bahkan tidak ada yang memberi ucapan dan harapan, hal ini bisa membawa kekecewaan pada diri kita.

Kita merasa sendirian dan tidak diperdulikan oleh lingkungan sekitar kita. Inilah yang sering memunculkan birthday blues dan membuat kita merasa kurang diperhatikan dan dicintai.

Baca Juga:Efek Kurang Tidur, Kamu Bisa Alami 6 Gangguan Mental IniJangan Abai! Kurang Tidur Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

3. Harapan yang belum tercapai

Saat kita melewati hari ulang tahun kita, pasti, secara sadar atau tidak sadar, kita teringat kembali apa-apa saja yang sudah kita lakukan, apa yang sudah kita capai. Sudah sejauh mana kita berkembang.

0 Komentar