Remaja Jompo: Masih Muda tapi Sering Sakit Pinggang dan Masuk Angin. Kenapa Bisa Begitu?

remaja jompo
(Foto: freepik.com)
0 Komentar

Air putih bisa menggantikan cairan tubuh kita setelah banyak beraktivitas. Mulai dari otak hingga jaringan otot akan mengalami pengurangan cairan tubuh hanya dari aktivitas kecil, itu mengapa penting sekali untuk tetap menjaga kadar air dalam tubuh kamu.

Air putih juga bisa mencegah kamu dari rasa pusing, tidak bisa fokus, mudah lelah, bahkan menjauhkan kamu dari bahaya penyakit bera yang menyerang ginjal.

4. Mager atau malas gerak

Jika kamu adalah tipe kaum rebahan yang sekali gerak hanya untuk ke kamar mandi atau ambil makan, sebaiknya rubah pola hidup kamu. Pasalnya, terlalu sering rebahan bisa berpengaruh pada sirkulasi darah dan pergerakan sendi. Apalagi kamu jarang olahraga. Ini sih yang menyebabkan kamu sering ngeluh sakit pinggang, sakit punggung, bahu pegal, dan leher kaku.

5. Postur duduk yang salah

(Foto: freepik.com)

Baca Juga:5 Manfaat Physical Touch: Ungkapkan Perasaan sembari Meningkatkan Kesehatan MentalSerupa Seperti Valentine, White Day jadi Perayaan Hari Kasih Sayang Ke-2 Di Jepang dan Korea Selatan

Kalau kamu sering merasakan sakit pada pinggang kamu, coba perhatikan lagi posisi dan postur kamu saat duduk. Jangan terlalu membungkuk atau terlalu membusung. Sebisa mungkin cobalah untuk membiasakan duduk dengan tegap. Hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit dan pegal yang biasanya kamu rasakan.

Dengan duduk tegak, kita bisa terhindar dari efek jangka panjang yang lebih buruk dari menjadi remaja jompo, yaitu pergeseran atau pembengkokkan tulang punggung yang tidak normal.

6. Anemia

Anemia, atau kurang darah, adalah kondisi dimana seseorang kekurangan hemogoblin di dalam darah. Dalam sel darah merah, hemogoblin menjadi komponen penting yang berfungsi untuk mengedarkan oksiken ke seluruh tubuh. Jika tidak ada yang menyebarkan oksigen, otomatis kamu akan mudah lelah, lemas, sering mengantuk dan sulit untuk fokus.

Untuk menambah zat besi dan membantu meningkatkan hemogoblin dalam darah, kamu bisa memperbanyak konsumsi sayur-sayuran hijau dan daging.

7. Darah rendah

(Foto: freepik.com)

Remaja-remaja jompo yang sekalinya berdiri langsung pusing, kamu mungkin sudah waktunya periksa ke dokter. Karena bisa jadi tekanan darah kamu rendah.

Hipotensi atau darah rendah ini berbeda dengan anemia. Hipotensi adalah kondisi saat tekanan darah kamu berada di bawah nilai 90/60 mmHg dari tekanan normal yaitu 120/80 mmHg.

0 Komentar