Temukan 3 Manfaat Hobi untuk Kesehatan Mental: Bebaskan Diri sembari Melepas Stres

manfaat hobi untuk kesehatan mental
Secara ilmiah, melakukan hobi terbukti bisa membantu mengatasi masalah stres dan juga kecemasan (© Freepik.com)
0 Komentar

Secara medis, bersosialisasi dapat menurunkan hormon kortisol dalam otak yang menekan stres hingga kamu bisa merasal rileks dan bahagia.

Dari beberapa jenis hobi, beberapa hobi ini terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental, dan kamu bisa mencobanya sendiri di rumah.

Beberapa Hobi yang Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

1. Journaling

Salah satu hobi yang terbukti bisa menetralkan kadar stres dengan melampiaskan isi hati kamu secara terang-terangan dalam bentuk tulisan tanpa takut merasa dihakimi. Kegiatan meluapkan seluruh perasaan, emosi, sisi pikiran, ide-ide, dan semua yang berkaitan dengan hari-hari kamu terbukti bisa menurunkan level stres kamu hingga mengurangi risiko depresi.

Baca Juga:Selain Meningkatkan Kebahagiaan, Berikut 6 Manfaat Silaturahmi bagi Kesehatan MentalMengenal Psychological First Aid, Pertolongan Pertama Saat Luka Batin Kembali Terbuka

Journaling tidak hanya terbatas pada tulis, kamu bisa menempelkan berbagai macam stiker atau gambar di buku diary kamu atau menggambar hal-hal yang merepresentasikan isi hati kamu.

2. Memasak

© Freepik.com

Walau terkesan monoton dengan aktivitas sehari-hari, nyatanya memasak bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu. Bagaimana? Dengan memasak, kamu akan menghasilkan sesuatu yang bisa kamu serta orang-orang di sekitarmu nikmati secara langsung. Very Weel Mind juga mengatakan bahwa kegiaan berulang, seperti memasak, bisa meningkatkan kreativitas kamu untuk selalu berkreasi.

3. Melukis

Manfaat hobi untuk kesehatan mental yang bisa kamu dapat dari melukis adalah kemudahan untuk mengelola emosi serta pikiran kamu. Meluapkan emosi dengan cara melukis juga bisa menetralkan tekanan psikologis yang tengah kamu alami.

Kegiatan ini, bersama dengan journaling, sering digunakan oleh para psikeater untuk terapi dalam menangani suatu kondisi kesehatan mental yang bisa menghindari kita dari depresi, stres dan gangguan kecemasan.

4. Olahraga

© Freepik.com

Satu hal yang bisa menghindari kamu dari menurunnya status kesehatan mental adalah berolahraga. Kegiatan fisik seperti berlari atau berenang bisa membantu otakmelepas hormon endorfin yang bisa membuat kamu rileks dan memperbaiki suasana hati.

5. Menari

Manfaat hobi untuk kesehatan mental dari menari dengan iringan musik bisa membebaskan kamu mengekspresikan isi hati kamu dengan sebuah gerakan fisik. Jika kamu merasa kesulitasn untuk mengungkapkan apa yang mengganggu kamu melalui kata-kata, kamu bisa coba menari diriingi musik atau lagu favorit kamu.

0 Komentar