5 Ide Menu Sahur Tanpa Nasi, Efisien untuk Anak Kos

Menu sahur tanpa nasi
Sandwich, salah satu pilihan menu sahur tanpa nasi yang praktis dibuat. (foto/Freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Saat bulan Ramadan semua disibukkan dengan memilih menu sahur. Ada beberapa ide menu sahur tanpa nasi yang sangat simpel dan cocok untuk anak kos.

Terkadang tidak semua orang bisa menerima makanan berat yang masuk ke perut saat pagi-pagi buta. Sehingga menu sahur tanpa nasi bisa menjadi pilihan untuk dimakan ketika akan berpuasa.

Menu sahur tanpa nasi berikut ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk disajikan. Cara pembuatannya pun sangat mudah sehingga selain cocok dimakan oleh orang yang tidak bisa makan nasi di pagi hari, bisa juga menjadi menu pilihan anak kost saat di perantauan.

1. Roti Panggang

freepik.com

Baca Juga:Hindari Perceraian! 5 Masalah Ekonomi Yang Harus Didiskusikan Bersama Pasangan Sebelum Menikah5 Obrolan Sebelum Menikah, Pentingnya Membicarakan Hal-hal Ini Bersama Pasangan

Menu sahur tanpa nasi yang pertama adalah roti panggang. Hidangan ini sangat sederhana dan cocok untuk orang-orang yang tidak bisa memakan nasi di pagi hari atau kesiangan untuk sahur.

Cukup mengoleskan roti dengan mentega dan selai atau telur ceplok sesuai selera kemudian bisa dipanggang di air fryer ataupun teflon. Minumannya bisa didampingi dengan susu seduh atau teh hangat.

Dilansir dari CNN Indonesia, untuk memilih roti sebagai menu sahur sebaiknya menggunakan roti gandum utuh.

Hal itu dikarenakan kandungan karbohidrat yang terdapat di roti gandum utuh bisa membuat kenyang lebih lama dan cocok untuk menopang jalannya puasa seharian.

Selain mengenyangkan, roti gandum utuh juga memberi pasokan energi dan mengandung serat sehingga bisa menghindari sembelit karena pencernaan tetap lancar.

2. Oatmeal, Menu Sahur Tanpa Nasi yang Mengenyangkan

freepik.com

Tidak diragukan lagi oats adalah bahan makanan yang membuat kenyang lebih lama bahkan saat dibandingkan dengan nasi.

Oatmeal atau olahan berbahan dasar oats cocok menjadi variasi pilihan menu sahur tanpa nasi karena selain pembuatannya yang mudah, oatmeal juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Baca Juga:5 Rekomendasi Wisata Air di Tegal, Cocok untuk Ngabuburit di Bulan RamadanKapan Puasa Menurut Muhammadiyah 2023? Wajib Catat Tanggalnya

Melalui channel YouTube-nya, Amanda Rawles, salah satu aktris Indonesia juga memilih oatmeal sebagai menu sahurnya selama menjadi anak kuliahan di Australia.

Cara memasaknya cukup mudah, yaitu cukup memasukkan tiga sendok makan oatmeal ke sedikit air mendidih.

0 Komentar