3 Cara Stop Negative Self-Talk, Tak Baik untuk Kesejahteraanmu

Negative self-talk
Negative self-talk. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Sebagaimana motivasi yang dapat hadir melalui self-talk, manusia juga dapat dihancurkan dengan hal ini. Sebab, negative self-talk sangat dekat dengan efek destruktif yang nyata.

Kamu sangat perlu untuk menjaga dirimu dari negative self-talk, terlebih untuk mempertahankan kesejahteraan hidup yang kamu punya atau meningkatkannya ke level yang semakin tinggi. Oleh karenanya, kamu perlu untuk berhenti membiasakan dirimu dengan eksistensi negative self-talk.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghentikan dirimu menggunakan negative self-talk dan menggunakan pikiranmu untuk meningkatkan produktivitas dan harga diri serta menghilangkan stres. Jika teknik ini tidak berhasil untuk dirimu, pertimbangkan untuk menemui terapis yang melalui terapi perilaku kognitif dapat membantu mengembangkan strategi untuk menantang pikiran negatif dan distorsi kognitif.

Baca Juga:Positive Self-Talk: Kunci Reduksi Stres dan Naikkan Taraf Kesejahteraan Hidupmu6 Strategi Stress Relief, Ampuh Ciptakan Gaya Hidup yang Lebih Sehat

Perhatikan Pola Negative Self-Talk yang Menghampiri Dirimu

Langkah pertama menuju perubahan adalah menjadi lebih sadar akan masalahnya. Kamu mungkin tidak menyadari seberapa sering dirimu mengatakan hal-hal negatif di kepalamu, atau seberapa besar pengaruhnya terhadap pengalaman yang kamu miliki atau yang akan kamu miliki. Strategi ini dapat membantumu menjadi lebih sadar akan negative self-talk dan isinya.

Menulis Jurnal

Apakah kamu membawa jurnal ke mana-mana dan menuliskan komentar negatif ketika kamu memikirkannya, menulis ringkasan umum pemikiranmu di penghujung hari, atau hanya mulai menulis tentang perasaan milikmu tentang topik tertentu dan kemudian kembali untuk menganalisisnya. Untuk kamu yang suka menulis, jurnal bisa menjadi alat yang efektif untuk memeriksa proses batin khususnya negative self-talk yang bertumbuh dalam dirimu.

Pemikiran-Berhenti

Ketika kamu melihat diri sendiri mengatakan sesuatu yang negatif dalam pikiranmu, kamu dapat menghentikan pikiran buruk yang kamu punya di tengah jalan dengan mengatakan kepada diri sendiri “Berhenti.” Mengatakan ini dengan keras akan memberikan efek yang lebih kuat agar kamu menghentikan aktivitas negative self-talk.

Plus, harus mengatakannya dengan lantang akan membuatmu lebih sadar berapa kali kamu menghentikan pikiran negatif.

0 Komentar