5 Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan, yang Langganan Sembelit Wajib Mencoba!

manfaat sari kurma bagi kesehatan
5 Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan, Sudah Tahu Belum? (Freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Kalian mungkin sudah sering mendengar sari kurma, tapi tahukah kamu bahwa ada banyak manfaat sari kurma bagi kesehatan? Nah, kalau belum tahu, ulasan berikut ini layak kalian baca ya guys.

Kurma sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis buah yang populer saat Ramadan. Selain populer, kurma merupakan buah favorit Rasulullah yang juga kaya akan manfaat bagi tubuh. 

Tak hanya dikonsumsi secara langsung, kamu juga dapat mengolahnya menjadi minuman sari kurma yang lezat dan menyehatkan. Diketahui dalam satu gelas sari kurma memiliki kandungan zat besi, kalsium, folat, fosfor, magnesium, berbagai vitamin hingga seng.

Baca Juga:6 Tips Meredakan Anxiety yang Mudah Kamu Praktikkan!7 Cara Cek Anxiety Disorder dengan Mudah, Berani Coba?

Nah, kira-kira apa saja ya manfaat sari kurma bagi kesehatan? Penasaran, bukan? Yuk simak ulasannya berikut.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi Tulang Sehat.

Manfaat sari kurma bagi kesehatan yang pertama yaitu menjaga kesehatan tulang. Hal ini disebabkan adanya kandungan kalium, kalsium, magnesium hingga fosfor di dalam minuman sari kurma. 

Menurut penelitian dari Critical Reviews in Food Science and Nutrition, berbagai jenis kandungan mineral dalam sajian sa kurma memiliki manfaat yang baik bagi tulang dan mencegah resiko terjadinya osteoporosis. 

Diajukkan untuk mengkonsumsi minuman sari kurma secara rutin. Minimal 1 gelas per hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Selain untuk kesehatan tulang, mineral dalam sari kurma juga bagus untuk memperkuat gigi.

2. Bantu Tingkatkan Fungsi Otak

Ilustrasi Anak Pintar.

Selanjutnya, manfaat sari kurma bagi kesehatan adalah bantu tingkatkan fungsi otak. Melansir dari Neural Regeneration Research menemukan terdapat kandungan antioksidan serta flavonoid dalam sajian sari kurma. Kandungan ini pun yang berfungsi dalam meningkatkan kesehatan otak.

Selain itu, sari kurma dapat menurunkan berbagai permasalahan inflamasi seperti interleukin 6 atau IL-6 di bagian otak. Semakin tinggi tingkat IL-6 dalam otak dapat berpengaruh pada penyakit seperti Alzheimer. 

Tak hanya itu, manfaat lain sari kurma yaitu mampu menurunkan aktivitas terhadap protein beta amyloid yang dapat mengurangi adanya pembentukan plak di otak. Sehingga, komunikasi antar satu sel dengan lainnya dapat berjalan lancar dan menghindari adanya kematian sel otak.

0 Komentar