6 Tips Meredakan Anxiety yang Mudah Kamu Praktikkan!

tips meredakan anxiety
6 Tips Meredakan Anxiety yang Mudah Kamu Praktekan! (Freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Memiliki perasaan cemas tentu sangat melelahkan. Sehingga, perlu adanya tips meredakan anxiety yang mudah dipraktikkan. Sehingga, kamu dapat menjalani aktivitas seharian dengan penuh semangat dan mampu mengambil keputusan dengan tepat.

Seringkali, kondisi cemas dirasakan saat seseorang mengalami situasi yang menimbulkan rasa khawatir maupun stres. Namun, secara normal hal ini dapat berangsur menghilang secara perlahan dengan sendirinya. Sayangnya, jika terus muncul tanpa memiliki sebab, sulit ingat hingga berlebihan dalam jangka waktu yang lama dapat disebut sebagai kecemasan atau anxiety.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalaminya. Kamu perlu menyimak enam tips meredakan anxiety berikut ini.

1. Pusatkan Pikiran Pada Hal yang Dijalani

Ilustrasi Bekerja.

Baca Juga:7 Cara Cek Anxiety Disorder dengan Mudah, Berani Coba?7 Makanan untuk Penderita Anxiety, Dijamin Lezat dan Penuh Manfaat!

Tips meredakan anxiety pada urutan pertama adalah memusatkan pikiran pada hal yang tengah dijalani. Ketika kamu merasa cemas saat tengah bekerja atau melakukan pekerjaan rumah. Usahakan untuk pikiran mu kembali fokus pada sesuatu atau hal yang tengah dan akan kamu lakukan.

Misalnya, kamu memiliki jadwal untuk merapikan tempat tidurmu. Maka, lakukanlah jangan ditunda. Sebab, ketika kamu hanya dia dan duduk tanpa mencoba mengatasi dan melakukan apapun. Justru, hanya akan menambah rasa kecemasan muncul. Selain itu, kamu pun akan terpicu memikirkan hal-hal yang hanya akan memperburuk anxiety yang tengah berkecamuk.

2. Tarik Nafas Dalam

Ilustrasi Nafas Dalam.

Tips meredakan anxiety selanjutnya yaitu menarik nafas yang cukup dalam. Cara ini cukup efektif untuk membantumu tubuhmu menjadi lebih santai. Selin itu, saraf yang menimbulkan kecemasan pada area otak pun mengalami pengurangan aktivitas secara perlahan.

Adapun teknik nafas dalam yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menarik nafas selama 4 detik. Selanjutnya, cobalah untuk menahannya dalam kurun waktu 7 detik. Kemudian, hembuskan perlahan dalam waktu 8 detik. Lakukan secara berulang hingga kamu merasa kecemasan berkurang dan lebih tenang.

3. Hindari Konsumsi Kafein Atau Alkohol

Ilustrasi kafein. (Sumber: freepik.com)

Selanjutnya, kamu perlu menghindari konsumsi kafein maupun alkohol sebagai salah atau tips meredakan anxiety. Minuman alkohol banyak dianggap sebagai sajian yang membantu seseorang menjadi rileks. Namun, kebiasaan ini jika dilakukan secara berlebihan justru hanya akan meningkatkan keparahan atas kecemasan yang kamu alami.

0 Komentar