6 Tips Meredakan Anxiety yang Mudah Kamu Praktikkan!

tips meredakan anxiety
6 Tips Meredakan Anxiety yang Mudah Kamu Praktekan! (Freepik.com)
0 Komentar

Tak hanya alkohol, kebiasaan mengkonsumsi kafein maupun teh juga meningkatkan kecemasan seseorang. Hal ini pun dibuktikan melalui sebuah studi yang mengungkapkan seseorang dengan kebiasaan mengkonsumsi kafein lebih dari 5 gelas perhari memiliki gangguan kecemasan dan gelisah yang lebih dibandingkan mereka yang tidak meminumnya berlebihan.

4. Gunakan Metode 5-4-3-2-1

Ilustrasi Tenang.

Terkadang gangguan kecemasan tidak mengenal tempat dan waktu. Oleh karenanya, jika kamu mengalami hal tersebut. Cobalah untuk melihat lingkungan sekelilingmu dan sebutkan 5 nama benda yang ada. Kemudian, sebutkan 4 nama benda yang dapat kamu sentuh saat itu. Terakhir, diam sementara waktu dan sebutkan 3 suara yang telah kamu dengar saat itu.

Jika kecemasan masih belum mereda total, cobalah menyebutkan 2 jenis bau yang dapat kamu hirup. Lalu, sebutkan 1 rasa yang sedang berada di dalam lidahmu. Cara mudah ini diketahui efektif untuk mengurangi rasa cemas serta kegelisahan yang tengah kamu alami.

5. Penuhi Kebutuhan Gizi dan Mineral Tubuh

Ilustrasi Makanan Bergizi©Freepik

Baca Juga:7 Cara Cek Anxiety Disorder dengan Mudah, Berani Coba?7 Makanan untuk Penderita Anxiety, Dijamin Lezat dan Penuh Manfaat!

Selain menggunakan metode nafas, kamu juga dapat meredakan anxiety dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Bagi sebagian orang yang memiliki aktivitas padat rentan mengalami kecemasan. Tak ayal, jadwal makan pun menjadi terlewat. Bahkan, cairan tubuh pun lupa untuk dipenuhi.

Akhirnya, mengakibatkan kadar gula darah menjadi rendah dan mudah untuk cemas serta emosi. Kurangnya cairan tubuh juga menyebabkan dehidrasi, melemahnya detak jantung dan meningkatkan rasa cemas pada diri sendiri.

Tentunya, al semacam ini mengganggu produktivitas. Sehingga, penting untuk kamu mulai mencoba teratur dalam menjaga jam makan. Selain itu, selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh untuk mengurangi gejala kecemasan.

6. Luangkan Waktu untuk Mengenal Diri Sendiri

Ilustrasi Me Time.

Tips meredakan anxiety yang terakhir adalah meluangkan waktu untuk diri sendiri. Cobala untuk mengenal lebih baik diri sendiri misalnya melalui meditasi, berendam air hangat atau berjalan santai.Bahkan, jika kamu tengah mengalami kecemasan. Ada baiknya mematikan seluruh notifikasi pada telepon genggam dan nikmati waktu sendirimu. Sebab,seringkali kecemasan terjadi akibat adanya peningkatan pada hormon stres. Sehingga, relaksasi diri merupakan cara yang tepat untuk menjadi tenang dan meredakan kecemasan.

0 Komentar