Saat Kamu Merasa Tidak Berharga, Butuh 5 Cara untuk Bangkit Dari Sana

Merasa tidak berharga
Merasa tidak berharga. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Merasa tidak berharga sering juga melibatkan rasa tidak penting dalam diri sendiri dan sangat terkait dengan keputusasaan dan menyalahkan diri sendiri.

Perasaan seperti itu sering kali merupakan gejala umum depresi, tetapi bisa juga muncul karena hal-hal seperti rendah diri, pengabaian, pelecehan, trauma, atau situasi sulit yang mengancam perasaan diri seseorang.

Merasa tidak berharga dapat menimbulkan tekanan yang signifikan dan menyulitkanmu untuk berfungsi secara normal dalam kehidupan sehari-hari. Kamu mungkin merasa sulit untuk merasa termotivasi untuk mengejar tujuanmu ketika kamu merasa bahwa tidak ada hal benar yang kamu lakukan atau tidak ada usaha yang akan membawamu pada perubahan baik.

Baca Juga:Tidak Baik Membenci Diri Sendiri, Ini 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindari KerugiannyaAlasan Kebencian Pada Diri Sendiri, 7 Hal Ini Memberikan Andil Besar

Karena itu, penting untuk menemukan cara mengelola kondisi merasa tidak berharga ini dan mencari bantuan saat kamu merasa membutuhkannya.

Yang Dapat Kamu Lakukan Jika Kamu Merasa Tidak Berharga

Sumber: freepik.com

Jika kamu mengalami perasaan tidak berharga, ada beberapa langkah kecil yang dapat ditindaklanjuti yang dapat membantumu mulai merasa lebih baik. Berikut adalah beberapa ide yang dapat membantumu keluar dari situasi merasa tidak berharga.

Berbicaralah dengan Baik kepada Diri Sendiri

Orang yang merasa tidak berharga sering terlibat dalam pemikiran negatif dan self-talk. Ini mungkin menantang pada awalnya, tetapi fokuslah untuk memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan. Saat kamu mulai melakukan self-talk negatif, carilah cara agar kamu dapat membingkai ulang pemikiran tersebut dengan cara yang lebih positif atau realistis. Alih-alih berpikir “Aku benci diriku sendiri” atau “Aku tidak akan pernah bisa melakukannya”, misalnya, kamh bisa berkata, “Aku bisa melakukan hal-hal kecil setiap hari untuk menjadi lebih baik.”

Perhatikan Saat Kamu Merasa Tidak Berharga

Terkadang perasaan negatif ini muncul sebagai respons terhadap situasi, pikiran, pengalaman, atau bahkan orang tertentu. Mulailah memperhatikan saat perasaan ini muncul, apa yang terjadi saat muncul, dan jenis pemikiran apa yang mungkin berkontribusi. Ini adalah salah satu cara untuk membantu memerangi perenungan negatif yang mungkin memicu perasaan tidak mampu.

0 Komentar