Saat Kamu Merasa Tidak Berharga, Butuh 5 Cara untuk Bangkit Dari Sana

Merasa tidak berharga
Merasa tidak berharga. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Buat Jurnal Syukur

Merasa tidak berharga menjadi momen yang dapat dapat menyusup ketika kamu menemukan dirimu membandingkan hidupmj sendiri secara tidak menyenangkan dengan kehidupan orang lain. Daripada jatuh ke dalam perangkap hanya melihat kekuranganmu, pertimbangkan untuk membuat jurnal rasa syukur di mana kamu menghabiskan sedikit waktu setiap hari untuk memikirkan hal-hal yang kamu syukuri. Memfokuskan kembali pikiranmu dengan cara ini dapat membantu melindungimu dari efek negatif perbandingan dan iri hati.

Sumber: freepik.com

Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain

Terkadang ketika kamu merasa tidak berharga, memfokuskan perhatianmu pada sesuatu selain dirimu sendiri dapat membantu. Penelitian telah menunjukkan bahwa terlibat dalam aktivitas prososial seperti menjadi sukarelawan untuk komunitasmu atau membantu orang lain yang membutuhkan dapat berdampak positif pada kebahagiaan dan kesejahteraan seseorang. Membantu orang lain juga dapat membantu kamu merasakan koneksi dan tujuan yang lebih besar.

Penting untuk diingat bahwa merasa tidak berharga juga bisa menjadi tanda kondisi kesehatan mental yang mendasarinya. Jika perasaan seperti itu terus-menerus, menyusahkan, atau menyulitkan untuk mengatasi tugas sehari-hari, bicarakan dengan penyedia perawatan primermu atau hubungi profesional kesehatan mental.

Baca Juga:Tidak Baik Membenci Diri Sendiri, Ini 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindari KerugiannyaAlasan Kebencian Pada Diri Sendiri, 7 Hal Ini Memberikan Andil Besar

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mencoba terapi online. Penelitian menunjukkan bahwa terapi online sama efektifnya dengan perawatan tatap muka tradisional. Terapi online menghadirkan cara yang mudah diakses dan seringkali terjangkau untuk mendapatkan bantuan untuk masalah kesehatan mental. Layanan yang menyediakan terapi online dapat bervariasi dalam hal apa yang mereka tawarkan, harganya, dan bagaimana sesi terapi dilakukan. Dalam banyak kasus, opsi mencakup opsi obrolan online, konferensi video, email, dan telepon.

Sementara setiap orang mungkin merasa tidak berharga sesekali, itu bisa menjadi masalah serius jika perasaan seperti itu kronis dan meluas. Untungnya, ada langkah-langkah di atas yang dapat kamu ambil yang dapat membantumu merasa lebih baik.

**AN

Referensi Verywellmind.com

0 Komentar