Implementasi 6 Karakter Pelajar Pancasila Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan

Karakter Pelajar Pancasila-Zainul Hakim
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan Zainul Hakim menjelaskan tentang karakter pelajar Pancasila. (foto: asep)
0 Komentar

6. Karakter kreatif

Karakter kreatif ini artinya bagaimana orang tua dan guru mengajari anak agar menyelesaikan persoalan atau mengerjakan tugas tidak dengan satu cara. Kalau anak berhasil mengerjakan tugas dengan 1 cara, tanya lagi kepada anak apakah ada cara lain untuk mengerjakan tugas ini?

Biasanya anak merenung dulu. Ketika anak merenung dan berpikir, orang tua atau guru jangan terburu-buru untuk membantu. Biarkan dulu berpikir bahkan ketika jawabanya salah pun tidak apa-apa.

Kalau sudah berpikir tapi mentok, orang tua bisa memberi opsi. Tapi perlu dicatat, lakukan terus kreatifitas tersebut sampai pada level anak menemukan kreatifitas sendiri.

Baca Juga:Pagi Ini Jam 09.00 Anggota DPR RI, Abdul Fikri Faqih Jadi Pembicara Workshop Pendidikan KarakterPerbup Izin Tower Masih Belum Jelas, Padahal Berpotensi PAD Hingga 3 Miliar

Tentu hal ini perlu latihan, kesungguhan dan juga kesabaran bagi orang tua dan guru. Kata kunci terakhir, sabar mendampingi anak secara terus menerus. Jangan sampai guru atau orang tuanya yang hilang kesabaran karena anak tidak faham-faham. Justru peran orang tua dan guru diuji di sini.

Apakah orang tua dan guru bisa mengimplementasikan 6 Karakter Pelajar Pancasila? Dengan kesungguhan sudah tentu sangat bisa. (sep)

0 Komentar