Sudah Terbukti Khasiatnya, Inilah 7 Kebiasaan Sehat Ala Nabi Muhammad SAW, Kamu Sudah Coba?

Kebiasaan sehat ala Nabi Muhammad SAW
Kebiasaan sehat ala Nabi Muhammad SAW ( foto : freepik.com)
0 Komentar

Tubuh membutuhkan waktu setidaknya 20 menit untuk memberikan sinyal ke otak bahwa ia sudah kenyang. Makan dnegan perlahan akan membantu untuk mengkonsumsi makanan lebih sedikit dan meningkatkan daya cerna.

  1. 4. Minum air secara bertahap

Kebiasaan sehat ala Nabi Muhammad SAW berikutnya adalah minum dengan cara bertahap. Jadi jangan minum banyak dengan sekali tegukan, lakukan secar bertahap.

“Jangan minum dalam satu tegukan seperti unta, tapi dalam dua atau tiga (tegukan). Sebutkan Nama Allah (yaitu, ucapkan bismillah) ketika Anda mulai minum dan pujilah Dia (yaitu ucapkan alhamdulillah) setelah Anda selesai (minum).” (HR. Al-Tirmidzi)

Baca Juga:MTs NU TIRTO Pekalongan Siap Menjuarai Lomba Gudep Mantap Tergiat 2023 tingkat ProvinsiUniversitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)- Akreditasi, Fakultas dan Jurusan

Penelitian membuktikan bahwa seseorang yang minum terllau banyak air dalam waktu singkat bisa menyebabkan sakit kepala, ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam darah dan terkadang pusing. Minum secara perlahan akan membantu kamu untuk menyerap cairan dan mendapatkan manfaat maksimal.

  1. 5. Konsumsi buah delima

“Delima dan kulit buahnya memperkuat pencernaan,” (HR. Abu Nuaim).

Nabi Muhammad SAW sering mengkonsumsi buah delima agar tetap sehat dan bugar. Salah satu penelitian ilmiah modern juga menunjukkan bahwa delima menjadi salah satu makanan tersehat di bumi.

Delima mengandung mangan yang membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme. Ada pun kandungan potasium yang menjaga fungsi sel dan keseimbangan kadar cairan.

Delima juga kuat dalam flavonoid, polifenol, dan antioksidan yang melindungi tubuh kita dari penyakit jantung.

  1. 6. Berpuasa

Kebiasaan sehat ala Nabi Muhammad SAW yang keenam yaitu Rasulullah SAW rajin berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. Al-Nasaa’i; 2320)

“Jika Anda berpuasa pada bagian mana pun dari bulan itu, maka puasalah pada tanggal tiga belas, empat belas, dan lima belas.” (HR. Al-Nasaa’i, 2320; Ibnu Maajah, 1707; Ahmad, 210)

Baca Juga:Wajib Dihindari, 9 Kebiasaan Buruk Orang Tua dalam Mengasuh AnakOrang Tua Harus Tahu, Berikut Tips Mengajari Anak Mahir Bersepeda, Cobain Yuk!

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan kita memiliki dampak besar pada kesehatan. Puasa merupakan kegiatan rutin kehidupan kehidupan Nabi Muhammad SAW yang dilakukan tidak hanya bulan Ramadhan.

Nabi Muhammad SAW akan berpuasa setiap Senin dan Kamis, dan juga pada tanggal 13, 14, serta 15 setiap bulan Islam. Ini mirip dengan intermittent fasting yang telah terbukti menyeimbangkan kadar hormon, mencegah stres oksidatif, dan mengurangi peradangan secara keseluruhan.

0 Komentar