6 Tips Kuliah S2 Berkualitas Lulus Tepat Waktu, Yuk Simak Ceritanya!

kuliah S2 berkualitas
kuliah S2 berkualitas ala Khairul Anwar (Ibad, Khairul Anwar)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Setelah lulus dari program Sarjana (S1), seseorang punya dua pilihan. Melanjutkan kuliah S2, kerja atau melakukan dua-duanya secara bersamaan. Bagaimana kuliah S2 Berkualitas di tengah kesibukan yang padat? Salah satu mahasiswa S2 UIN Gusdur punya cerita.

Banyak mahasiswa yang enggan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pasca S1. Dengan berbagai alasan, seperti takut gagal, takut tidak bisa membagi waktu, dan alasan lainnya.

Mindset orang memang menganggap bahwa kuliah S2 itu sulit. Padahal, faktanya tidak demikian. Khairul Anwar, pemuda 26 tahun asal Pekalongan telah membuktikannya.

Baca Juga:7 Daftar Novel Raditya Dika yang Kreatif dan Kocak8 Rekomendasi Novel Motivasi Agar Antusias dalam Menjalani Hidup

Ia membuktikan bahwa kuliah S2 berkualitas itu tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan, dia bisa lulus kurang dari dua tahun. Tepatnya hanya membutuhkan waktu 1 tahun 7 bulan.

Khairul Anwar yang belum lama ini lulus dari program Magister Ekonomi Syariah UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan akan berbagi tips mengenai kuliah S2 agar bisa lulus tepat waktu.

Bikin Perencanaan

Menurut Khairul Anwar, yang juga aktif sebagai sekretaris PR GP Ansor Karangjompo, menuturkan bahwa merencanakan segala sesuatu itu sangat penting. Termasuk dalam urusan kuliah.

Kuliah S2 Berkualitas (Ibad, Radar Pekalongan)

Saat kuliah S2 dan masih duduk di bangku semester 1, Anwar telah merencanakan hal-hal apa saja yang akan dilakukannya dalam beberapa semester ke depan.

“Hidup kita harus terkonsep ya. Saya punya target, misalnya, punya judul tesis harus di awal semester dua, lalu seminar proposal harus di akhir semester 2 atau awal semester 3, dan ujian munaqosah di awal semester 4,”ujarnya.

Disampaikan, dengan punya target seperti itu, maka kita dapat menyiapkan segala sesuatunya agar dapat mencapai apa yang sudah kita rencanakan.

“Misalnya, ketika saya punya target punya topik tesis di awal semester 2, maka sejak semester 1 saya sudah searching baca-baca literatur atau konsultasi dengan dosen akademik terkait tema apa sih yang akan saya ambil,”imbuhnya.

Baca Juga:10 Rekomendasi Buku Cerita Rakyat Nusantara Terbaru untuk Si Kecil9 Format Buku Agenda Kembar yang Harus Kamu Tahu

Menurutnya, jika mahasiswa tidak punya perencanaan yang matang, maka sulit mewujudkan kuliah S2 berkualitas.

0 Komentar