Bagaimana Cara Efektif Self Healing untuk Memulihkan Kesehatan Mental?

Self healing
Cara efektif self healing, untuk memulihkan kesehatan mental ( foto : freepik.com)
0 Komentar

Cara efektif self healing

Kita harus berhati-hati dalam melakukan self healing. Jangan sampai alih-alih mengobati mental justru membuat mental semakin sakit karena meningkatkan rasa cemas.

Nah, berikut adalah cara-cara yang dinilai cukup efektif dalam melakukan self healing

  1. Meditasi

Tidka perlu bersusah payah dalam melakukan penyembuhan diri dari mental yang terluka. Kamu bisa melakukan meditasi sebagai salah satu cara yang efektif dalam melakukan self healing.

Baca Juga:6 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehata dan Ibu HamilSMPN 8 Pekalongan Siap Maju Adiwiyata Nasional

Berbagai manfaat meditasi untuk kesehatan mental sudah tidak perlu diragukan lagi. Ada beragam cara meditasi untuk menenangkan pikiran.

Bagi kamu yang suka dnegan kebisingan air laut, kamu bisa melakukannya di pinggir pantai. Melansir oceanfit.com, diketahui, suara alami dari gelombang air laut dapat melancarkan proses meditasi.

  1. Ekspresikan melalui seni

Studi yang diterbitkan dalam Universitas Airlangga, terapi seni bisa menjadi solusi untuk self healing.

Seseorang bisa mengekspresikan perasaan dan emosinya melalui seni. Hal ini bisa diekspresikan dengan melukis, menyanyi ataupun kegiatan seni lainnya.

  1. Melatih pernapasan

Mengatur pernapasan adalah cara efektif dalam self healing. Aturlah pernapasan dengan benar terutama saat situasi tidka terkendali.

Napas dengan lancar bisa jadi cara menenangkan diri secara alami. Tidak jarang orang yang mengalami cemas berlebih bisa membuat seseorang kesulitan untuk bernapas. Oleh karenanya latihan atur napas yang benar agar hidup menjadi tenang.

  1. Mempercayai diri sendiri

Seringkali kita lebih kerasa pada diri kita sendiri dibandingkan orang lain. Kita mungkin pernah marah pada diri kita sendiri karena tidak mampu mengatasi rasa sakit atau penolakan terhadap masa lalu.

Baca Juga:Ratusan Warga Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan Ikuti Pengajian Silaturahmi dan Peresmian Gedung Baru Serta Peletakan Batu Pertama Masjid Putri IMBSMonitoring Literasi Numerasi Program Organisasi Penggerak (POP) LP Ma’arif NU

Tetapi dengan menjadi ekstra keras pada diri sendiri bisa merusak kesehatan fisik dan mental kita sendiri. Self healing bisa dilakukan dengan mempercayai diri sendiri lho.

Tanamkan pada diri bahwa kita mampu melewati pengalaman yang buruk.

  1. Tidur yang cukup

Tahukah kamu bahwa kita mengalami bajyak penyembuhan saat tidur?

Studi dalam British Medical Journal menjelaskan, bahwa dengan tidur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan proses penyembuhan akan semakin cepat.

Kurang tidur bisa meningkatkan hormon stres seperti norepinefrin dan epinefrin. Hormon-hormon ini bisa membuat kita merasa lebih cemas dan kelelahan. Oleh karenanya tidur sangat penting dalam proses penyembuhan.

0 Komentar