3 Latihan Pernapasan untuk Tidur yang Lebih Baik

Daftar latihan pernapasan untuk tidur yang lebih baik
Daftar latihan pernapasan untuk tidur yang lebih baik. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Sangat penting untuk melakukan latihan pernapasan untuk tidur yang lebih baik. Sebab, pernapasan yang dangkal di malam hari dapat mengganggu kemampuanmu untuk jatuh dan tetap tertidur. Ini dapat menyebabkan dengkuran atau bahkan mungkin merupakan tanda kondisi yang dikenal sebagai sleep apnea, yang menyebabkan orang berulang kali berhenti bernapas atau bernapas sangat pendek di malam hari.

Latihan pernapasan dapat membantu mendorong respons relaksasi, yang dapat membuatmu lebih mudah jatuh dan tetap tertidur. Pernapasan diafragma, pernapasan perut, pernapasan dalam, dan pernapasan perut adalah beberapa contohnya.

Penelitian telah menemukan bahwa teknik pernapasan lambat memiliki berbagai efek menguntungkan pada pikiran dan tubuh, termasuk peningkatan kualitas dan durasi tidur.

Baca Juga:Mengapa Kamu Tidak Tidur dengan Nyenyak Setiap Malam? Ini 4 AlasannyaKualitas Tidur yang Buruk, 2 Alasan Mengapa Kamu Tidak Tidur dengan Baik

Tujuh latihan pernapasan untuk tidur yang lebih baik berikut dapat dilakukan sendiri dengan mudah untuk membantu mendorong tubuh dan pikiranmu lebih rileks dan membuat tidur lebih nyenyak.

Daftar Latihan Pernapasan untuk Tidur yang Lebih Baik

Pernafasan Perut

Pernapasan perut merupakan latihan pernapasan untuk tidur yang lebih baik dengan mengacu pada pernapasan dalam ke perut daripada pernapasan dangkal di dada. Langkah-langkah berikut akan memastikan bahwa dirimu bernapas dari diafragma.

  • Berbaringlah dengan kaki lurus dan sedikit terpisah. Arahkan jari-jari kaki ke luar, letakkan tangan di samping tubuh dengan lembut, pastikan telapak tangan menghadap ke atas, dan pejamkan mata.
  • Letakkan satu tangan di perut dan tangan lainnya di dada.
  • Perhatikan tangan mana yang paling banyak terangkat saat kamu menarik napas.
  • Jika tangan di dadamu terangkat paling tinggi saat kamu menarik napas, fokuslah untuk mengisi penuh perutmu (bagian bawah paru-paru) dengan udara sebelum mencapai puncak. Cara mudah untuk melakukan ini adalah dengan mencoba dan memaksa perutmu naik saat kamu bernapas. Seiring waktu, ini menjadi lebih mudah.

Dalam latihan pernapasan untuk tidur yang lebih baik ini, pastikan untuk menarik napas melalui hidung, lalu buang napas melalui mulut. Jaga agar wajahmu rileks saat melakukan ini. Tarik dan keluarkan napas sambil menghitung untuk memastikan bahwa kamu bernapas perlahan. Santai dan fokus pada suara napasmu.

0 Komentar