Solusi Kesulitan Tidur, Manfaatkan 4 Latihan Pernapasan Ini

Solusi kesulitan tidur dengan latihan pernapasan
Solusi kesulitan tidur dengan latihan pernapasan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Sulit untuk tidur berpotensi memunculkan masalah serius ketika kamu tidak menemukan jalan keluarnya. Latihan pernapasan dapat menjadi solusi kesulitan tidur yang kamu hadapi. Lain kali, ketika kamu merasa sulit untuk tidur, cobalah berlatih salah satu dari empat latihan pernapasan di atas untuk tidur yang lebih nyenyak.

Latihan Pernapasan Sebagai Solusi Kesulitan Tidur

Pemindaian Tubuh

Teknik pemindaian tubuh adalah latihan pernapasan lain yang dapat menjadi solusi kesulitan tidur karena membantumu rileks dan tertidur. Teknik ini melibatkan pemindaian tubuhmu untuk tanda-tanda ketegangan sehingga kamu dapat mengatasinya dan tertidur. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mempraktikkan teknik ini.

  • Berbaring di tempat tidur dan fokus pada relaksasi saat kamu mengeluarkan napas.
  • Rasakan tempat tidur di bawahmu dan bagaimana tempat tidur itu menopangmu saat kamu terus menghembuskan napas dan rileks.
  • Visualisasikan setiap bagian tubuhmu, mulai dari kepala dan bergerak ke seluruh tubuh untuk mencari titik-titik yang terasa tegang. Saat kamu bergerak ke seluruh tubuh, buang napas dan fokuslah untuk mengendurkan otot-otot yang tegang.
  • Setelah kamu selesai mencari ketegangan di seluruh tubuhmu, fokuslah pada embusan napasmu. Saat kamu mengeluarkan napas, ulangi mantra untuk diri sendiri yang membantu mendorong tidur seperti kata “tidur” atau isyarat lain yang membantumu mulai tertidur.

Ikuti teknik ini dan kamu akan menyetujui bahwa pemindaian tubuh merupakan solusi kesulitan tidur karena kamu menemukan pikiran dan tubuhmu mulai rileks. Sebelum kamu menyadarinya, kamu akan tertidur!

Baca Juga:3 Latihan Pernapasan untuk Tidur yang Lebih BaikMengapa Kamu Tidak Tidur dengan Nyenyak Setiap Malam? Ini 4 Alasannya

Penelitian juga menunjukkan bahwa melakukan pemindaian tubuh secara teratur dapat menjadi solusi kesulitan tidur yang kamu alami.

Menghitung Sambil Bernafas

Alih-alih menghitung domba, coba hitung napasmu, itulah salah satu solusi kesulitan tidur dengan latihan pernapasan. Menghitung sambil bernapas juga bisa menjadi teknik yang berguna untuk membantumu tertidur lebih cepat. Ikuti saran di bawah ini untuk membantumu menghitung jalan menuju tidur malam yang lebih nyenyak.

  • Berbaringlah di tempat tidur, fokuslah untuk menghembuskan napas, dan cobalah yang terbaik untuk rileks.
  • Rasakan tempat tidur menopangmu di bawahnya saat kamu menghembuskan napas dan rileks.
  • Hitung dari satu sampai 10 lalu mundur dari 10 sampai satu, tetapi pasangkan hitungan dengan hembusan napasmu.
  • Terus ulangi urutan ini sampai kamu tertidur.
0 Komentar