7 Jalan Memanfaatkan Musik untuk Mengurangi Stres

Memanfaatkan musik untuk mengusir stres
Memanfaatkan musik untuk mengusir stres. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Jika kamu menyetel smooth jazz atau genre musik serupa yang kamu sukai, memasak menjadi aktivitas yang menyenangkan daripada tugas. Kamu mungkin akan menemukan dirimu rileks dan dalam kerangka berpikir yang lebih baik setelah makan malam dimulai, yang memungkinkan kamu untuk menikmati makan malam dan temanmu saat kamu makan.

Kamu bisa memanfaatkan musik untuk membuat aktivitas memasak menjadi lebih menyenangkan.

Sambil Makan

Kamu juga bisa memanfaatkan musik saat kamu sedang makan. Musik yang menenangkan dapat memicu respons relaksasi, yang dapat menurunkan kadar kortisol, sehingga makanan lebih mudah dicerna. Penelitian telah menunjukkan bahwa musik klasik, khususnya, dapat membantumu makan lebih sedikit, mencerna lebih baik, dan lebih menikmati makanan. Kamu dapat memanfaatkan musik saat menyantap hidanganmu.

Bersih-bersih

Baca Juga:Tidak Disangka! Musik Beri 4 Manfaat Ini Pada Kesehatan Mentalmu4 Manfaat Psikologis dari Mendengarkan Musik

Menjaga rumah yang sederhana dan teratur benar-benar dapat membantu mengurangi tingkat stresmu, tetapi membersihkan rumah sendiri adalah tugas yang membuat banyak orang sibuk tidak memiliki tenaga untuk menghadapinya setelah hari yang melelahkan. Namun, jika kamu memanfaatkan musik yang energik (hip-hop atau pop, misalnya), kamu dapat meningkatkan tingkat energi dan bersenang-senang sambil membersihkan.

Jika kamu mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu hanya perlu membersihkan sejumlah lagu dan kemudian selesai, kamu dapat bekerja lebih efisien. Siapa tahu, kamu bahkan mungkin datang untuk menantikan pekerjaan itu.

Saat Membayar Tagihan

Kita semua perlu membayar tagihan, tetapi pekerjaan itu tidak selalu membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Memanfaatkan musik dengan memutarnya sambil menulis cek dapat membantu mengalihkan pikiranmu dari tekanan finansial yang mungkin kamu rasakan dan membuat tugas lebih menyenangkan.

Sebelum Tidur

Tidur yang cukup penting untuk berfungsi dengan baik, dan tidur yang cukup dapat membantumu mengatasi stres dengan lebih baik. Sayangnya, stres juga dapat mengganggu tidur dalam beberapa cara.

Memanfaatkan musik saat kamu tertidur adalah salah satu cara untuk menangkal efek stres dengan mengalihkan pikiran dari apa yang membuatmu stres. Musik dapat membantu memperlambat pernapasan dan menenangkan pikiran.

**AN

Referensi Verywellmind

0 Komentar