Bagaimana Menanggapi Komentar Negatif
Selanjutnya, kamu pasti ingin tahu bagaimana cara menanggapi komentar negatif, jika kamu memilih untuk melakukannya. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu ambil apakah komentar tersebut ada di halaman pribadi atau kamu adalah merek yang menangani komentar negatif di media sosial.
Menjadi Positif
Pertama, sebaiknya tanggapi dengan cara yang positif, tidak peduli seberapa negatif komentar yang dibuat tentang dirimu. Ini menunjukkan bahwa kamu peduli dengan semua orang di halaman media sosialmu. Jangan defensif, jangan marah, dan tetap berkelas. Jika tidak, kamu akan dianggap kehilangan ketenangan dan tampak kurang kredibel. Mungkin sulit untuk mempertahankan ketenanganmu. Namun, ingatlah bahwa komentar tersebut sangat jarang tentangmu, dan biasanya lebih banyak tentang orang yang membuatnya.
Bersikap Sopan
Ini sejalan dengan bersikap positif, tetapi kamu juga ingin tetap sopan. Jauhi drama dan pertahankan posisi tinggi. Bahkan jika kamu diserang dengan agresi, jangan merespons dengan emosi atau kehilangan ketenangan. Ini sangat penting jika akun media sosialmu digunakan untuk bisnis atau jika kamu adalah karyawan yang akunnya berada di domain publik. Mungkin terasa sulit untuk bersikap sopan kepada seseorang yang menyerangmu atau bisnimu, tetapi melakukan hal itu memberimu keunggulan atas seseorang yang jahat.
Minta Mereka Menghubungimu Secara Pribadi
Baca Juga:Haruskah Membalas Komentar Negatif yang Kamu Terima di Media Sosial?Media Sosial dan Kesehatan Mental: Meningkatkan Kesadaran, Sekaligus Kesalahan Self-Diagnosis
Selanjutnya, ada beberapa contoh di mana kamu ingin mengalihkan percakapan dari mata publik ke domain pribadi. Faktanya, kecuali komentar negatif mereka dapat diselesaikan dengan cepat di bagian komentar, ini biasanya merupakan pilihan terbaik.
Namun, jangan hanya mengirimkan pesan langsung kepada mereka. Sebagai gantinya, tinggalkan komentar untuk meminta mereka menghubungimu untuk berdiskusi secara pribadi. Ini menunjukkan kepada semua orang bahwa kamu bersedia untuk mengatasi masalah tersebut, tanpa perlu menjadikannya sebagai diskusi publik untuk dilihat semua orang.
Miliki Percakapan Publik yang Berhati-hati
Jika menanggapi komentar negatif adalah hal yang mudah, kamu dapat mempertimbangkan untuk melakukan percakapan yang hati-hati dengan mereka di sana. Misalnya, jika seseorang berkomentar bahwa mereka tidak menyukai dekorasi tertentu di rak yang tertampil di layarmu dan berpikir itu pasti menghabiskan banyak uang, kamu cukup membalas, “Terima kasih atas sarannya!”