Cara Ukur Jarak Rumah ke Sekolah untuk Zonasi PPDB 2023, Tidak Hanya dengan Google Maps

Zonasi PPDB 2023
Cara Ukur jarak rumah ke sekolah untuk zonasi PPDB 2023 ( foto : web Kemdikbud)
0 Komentar

Radarpekalongan.id – Bagaimana mengukur zonasi PPDB 2023?Apakah Bunda bersiap untuk mendaftarkan anak sekolah? Beda dengan zaman dulu ya Ayah Bunda, karena saat ini persyaratan pendaftaran sekolah atau yang sekarang dikenal dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah tentang zonasi, yang juga dikenal dengan jarak rumah ke sekolah.

Garis zonasi PPDB 2023

Terkait PPDB, menurut Permendikbud Edisi 1 Tahun 2021 terdapat empat jalur pendaftaran PPDB. Salah satunya adalah zonasi.

PPDB melalui jalur zonasi PPDB 2023 diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan Pemerintah Daerah.

Baca Juga:Cara Diet Jessica Mila, Turunkan Berat Badan Hingga 10 kg dengan Cara SehatSegar dan Kaya Air, Inilah Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB. Dalam hal kartu keluarga, jika tidak dimiliki oleh calon peserta didik karena keadaan tertentu, maka dapat diganti dengan surat keterangan domisili.

Sekolah kemudian mengutamakan siswa yang memiliki KK atau surat keterangan tinggal di 1 (satu) Kabupaten/Kota yang bertepatan dengan sekolah asal.

Dijelaskan pula bahwa calon mahasiswa hanya dapat memilih 1 jalur pendaftaran PPDB dalam 1 rencana zonasi PPDB 2023.Namun selain melakukan pendaftaran PPDB melalui jalur target di daerah target yang telah ditentukan, calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran PPDB melalui jalur konfirmasi atau pencapaian, atau di luar jalur target tempat tinggal mahasiswa selama memenuhi persyaratan.

Penentuan zona zonasi

Dalam Pasal 20 paragraf 2, penentuan zona zonasi PPDB 2023 harus memperhatikannya:

  1. Distribusi sekolah;
  2. Distribusi data dari siswa potensial; Dan
  3. Kapasitas kapasitas sekolah disesuaikan dengan ketersediaan jumlah anak -anak di sekolah -anak di semua tingkat di wilayah tersebut. Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya memastikan semua wilayah administrasi masuk dalam penetapan wilayah zonasi sesuai dengan jenjang pendidikan. Dinas pendidikan memastikan semua sekolah telah menerima peserta didik dalam wilayah zonasi PPDB 2023 yang telah ditetapkan

Cara mengukur jarak rumah ke sekolah

Lalu bagaimana mengukur jarak dari rumah ke sekolah untuk mengikuti PPDB di jalur tujuan Anda? Yusuf Masruh, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya pernah menjelaskan hal tersebut. Jalur tujuan PPDB didorong oleh radius rumah dan sekolah. Penunjuknya menggunakan alamat di kartu keluarga.

0 Komentar