Segar dan Kaya Air, Inilah Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Manfaat mentimun
Manfaat mentimun bagi kesehatan ( foto : freepik.com)
0 Komentar

Radarpekalongan.id – Apa manfaat mentimun? Mentimun digunakan sebagai sayuran segar. Padahal, mentimun memiliki banyak manfaat kesehatan. Biasanya mentimun diolah menjadi asinan dan digunakan sebagai pelengkap makanan. Namun, banyak orang yang mengolah mentimun menjadi minuman seperti serbat atau jus.

Tak heran, jika dijadikan minuman, timun banyak mengandung air dingin. Mentimun mengandung sekitar 95% air, yang membantu mencegah dehidrasi. Selain itu, mentimun juga kaya akan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Mentimun mengandung vitamin C yang bermanfaat dalam meningkatkan stamina. Mentimun tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Anda penasaran?

Berikut adalah manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh Anda.

  1. Kulit dan rambut yang sehat

Manfaat mentimun baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Misalnya, digunakan untuk mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari.

Baca Juga:Himbaun Bagi Penderita Asam Urat, Inilah Ikan yang Aman dan Tidak Aman Dikonsumsi6 Makanan yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat Anak, Begini Menurut Ahli Gizi Harvard!

Anda bisa menggosok kulit mentimun ke kulit yang teriritasi. Mentimun juga mengandung belerang dan silikon untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, irisan mentimun juga bermanfaat untuk menghilangkan kantong di bawah mata.

  1. Periksa kadar gula darah Anda

Salah satu manfaat terbaik dari mengkonsumsi mentimun adalah membantu pasien diabetes untuk mengontrol kadar gula darahnya. Minum jus mentimun dapat meningkatkan hormon khusus yang dibutuhkan sel pankreas untuk membuat insulin.

  1. Melawan Kanker Mentimun mengandung tiga lignan, yaitu pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol, yang membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker ovarium, payudara, prostat, dan rahim.
  2. Meredakan sakit kepala dan mabuk

Mengunyah beberapa potong mentimun sebelum tidur dapat membantu mengurangi sakit kepala dan mabuk saat bangun di pagi hari. Ini karena mentimun mengandung vitamin B, gula, dan elektrolit untuk mengisi kembali beberapa nutrisi penting bagi tubuh.

  1. Menurunkan Kolesterol

Beberapa peneliti menemukan bahwa mentimun mengandung “sterol”, yaitu senyawa yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Mentimun mengandung magnesium, potasium, dan serat yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Dengan mengkonsumsi timun, tekanan darah tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah.

0 Komentar