Ratusan Murid SMP Ikuti Lomba MAPSI Kabupaten Pekalongan 2023

Lomba MAPSI
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Sebanyak ratusan siswa–siswi SMP mengikuti seleksi lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Seni Islam (Lomba MAPSI) Tingkat Kabupaten Pekalongan tahun 2023 yang diselenggarakan di wilayah Kecamatan Doro, Sabtu (27/5/2023).

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan, Syaiful Bahri mewakili Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini adalah merupakan momentum yang tepat dalam meningkatkan kreatifitas anak dalam mengembangkan intelektual , ketrampilan dan budaya islami, pendidikan anak usia dini , termasuk anak-anak setara sekolah dasar.

“Momen ini juga sangat penting dalam upaya membentuk karakter anak yang kokoh, tegar dan mandiri dalam menghadap tantangan di jaman global sekarang ini” katanya.

Baca Juga:Dinperkim LH Kabupaten Pekalongan Akan Gelar Festival Iklim 2023Spesifikasi Nokia C12, Harga Cuma Rp 1,3 Jutaan

Total ada 68 sekolah dengan jumlah peserta 368 siswa yang mengikuti lomba Mapsi tahun ini. Dikatakannya, Pelaksanakan lomba Mapsi kali ini ada beberapa jenis lomba, diharapkan dari masing-masing perwakilan sekolah bisa mengikuti secara serius sehingga akan membuahkan hasil yang maksimal yang nantinya juga membawa nama baik dari sekolahnya masing-masing.

“Ada tujuh cabang yang diperlombakan diantaranya, rebana, cerdas cermat islami, tilawah, tartil, pidato, tahfidz dan kaligrafi,” terangnya.

Dielaskanya, Kegiatan ini sejalan dengan visi dan misi presiden untuk mewujudkan indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global. Dalam hal ini sangat terkait dengan upaya pengembangan potensi peserta didik yang berkarakter.

“Saya meminta kepada para dewan yuri diharapkan bisa menyeleksi dan melakukan penilaian lomba ini secara obyektif. Kepada anak-anak-ku sekalian selamat berlomba semoga bisa melaksanakan dengan sportif,dan penuih semangat, Sehingga nanti perwakilan dari masing-masing sekolah yang maju ke tingkat kabupaten ini betul-betul merupakan wakil sekolah yang berkualitas dan patut dibanggakan,” harapnya.

Dalam lomba Mapsi tahun ini keluar sebagai juara lomba rebana yakni SMPN 1 Lebakbarang, disusul SMP IT Manufa Sragi dan SMP Al-Fusha. Untul lomba Cerdas Cermat Islami juara pertama SMPN 1 Kajen, juara kedua SMPN 1 Lebakbarang dan ditempat ketiga SMPN 1 Bojong. Untuk lomba Tilawah Putra keluar sebagai juara 1 untuk Putri SMP NU Karangdadap, kemudian SMPN 2 Sragi dan SMPN 1 Keses. Untuk tilawah putra jura pertama diraih SMPN 1 Kesesi, juara dua SMP Muhammadiyah Plus Doro dan ditempat ketiga SMPN 1 Kedungwuni.

0 Komentar