3 Tips Memilih Calon Pemimpin yang Baik

tips memilih calon pemimpin yang baik
tips memilih calon pemimpin yang baik (Foto freepik)
0 Komentar

Mengetahui Profile calon pemimpin

Ilustrasi calon pemimpin yang baik (Freepik Image by pch.vector)

Tips memilih calon pemimpin yang baik dengan mengetahui akan profile pemimpin sangat penting. Caranya relative mudah. Semua informasinya bisa didapatkan dari internet.

Bisa melihat dari website resmi komisi pemilihan umum. Selain itu juga melalui Media social seperti instagram, facebook, tiktok untuk mengetahui kegiatan sehari hari.

Baca Juga:Mengenal Lebih Dekat 3 Teknik Membatik yang Perlu Kamu KetahuiMengulik 8 Sentra Penghasil Batik di Indonesia

Hal yang penting juga melihat riwayat kinerja sebelumnya apakah program berjalan dengan baik atau tidak.

Mengetahui visi dan misinya serta programnya

Ilustrasi visi misi dan program (Freepik Image by pch.vector )

Tips memilih calon pemimpin yang baik mengetahui visi dan misi serta program. Hal ini sangat penting untuk memastikan calon pemimpin itu memiliki gambaran apa yang hendak diwujudkan dan dijalankan.

Jika gambaran tujuannya saja tidak ada maka bisa dipastikan tidak ada program yang bisa dicapai.

Mengetahui visi, misi dan programnya calon pemimpin lewat media social seperti you tube tentang kesehariannya. Apa saja yang ditawarkan oleh calon untuk memajukan daerahnya.

Jika kesehariannya calon pemimpin sering memberikan bantuan bisa dipastikan saat terpilih akan sangat loyal untuk memberikan bantuan. Jika kesehariannya sering main main, pergi ke luar negeri dan bermewah mewahan maka jangan dipilih.

Menghindari memilih calon yang hanya memberi janji

Tips memilih calon pemimpin yang baik adalah menghindari calon yang hanya sekedar memberikan janji saja. Namun program yang dibawakan dirasa tidak menjawab masalah di masyarakat.

Baca Juga:Mengambil Hikmah Qurban di Hari Raya Idul Adha9 Tips Bepergian ke Luar Negeri buat Pemula

Sekarang banyak sekali artis mencalonkan menjadi anggota dewan maupun calon pemimpin tingkat kota, provinsi bahkan negara. Padahal sebelumnya belum ada pengalaman dalam menjalankan program kesejahteraan masyarakat.

Popularitas Pemimpin (Freepik Image by pch.vector )

Tidak jarang calon pemimpin hanya popularitas padahal belum tentu bisa memimpin dengan baik. Ada baiknya memilih pemimpin yang memiliki kemampuan manajemen yakni menjalankan fungsi pemimpin itu sendiri.

Seperti bisa merencakan, bisa mengambil keputusan, bisa melakukan pengorganisasian atau memotivasi bawahan dan bisa mengawasi berjalannya programnya.

Selain itu juga akhlak dan moralnya seperti tanggung jawab, bisa bersikap adik, amanah atau memegang janji, mencintai rakyatnya, jujur dan transparan. Tentu ini dambaan semua orang. Namun paling tidak dengan mengetahi tips ini kita tidak salah dalam memilih calon pemimpin.

0 Komentar