Ibadah Sosial Lebih Banyak Pahalanya Dibandingkan Ibadah Pribadi

ibadah sosial lebih banyak pahalanya dibandingkan ibadah pribadi
ibadah sosial lebih banyak pahalanya dibandingkan ibadah pribadi (freepik)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Apakah benar ibadah sosial lebih banyak pahalanya dibandingkan ibadah pribadi? Rasulullah Saw bersabda :

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Artinya: “Sholat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding sholat sendirian.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadist ini menjelaskan bahwa sholat jamaah lebih tinggi dan pahalanya lebih banyak dibandingkan dengan sholat sendirian.

Artinya ibadah sosial lebih banyak pahalanya dibandingkan ibadah pribadi.

Mengapa pahala sholat jamaah lebih tinggi dan banyak?

Baca Juga:Model Gamis Batik Terbaru 2023 Tampil Simple dan EleganYuk, Kenali Cara Kerja Politik Pencitraan dan Efeknya sebagai Referensi Memilih Calon Presiden 2024 yang Terbaik

Padahal keutamaan sholat pada kekhusyu’annya. Sedangkan untuk mencapai kekhusyu’an dalam sholat diperlukan suasana yang sepi, sendiri di malam hari atau siang hari.

Sedangkan sholat berjama’ah tentu ramai orang, sulit berkonsentrasi sendiri tanpa memperhatikan lingkungan sekitarnya.

Ilustrasi Sholat Jama’ah (Image by rawpixel.com)

Sholat jama’ah itu harus penuh toleransi dengan orang lain, berbagi tempat, berdekat dekatan, bersenggolan, terdengar suara berisik, mungkin terlihat pakaian warna warni berbeda, mungkin tercium bau bau berbeda dan sangat mungkin menganggu kekhusyu’an shalat.

Sebenarnya salah satu sebab pemahaman bahwa sholat jama’ah tidak khusyuk dibandingkan sholat sendirian karena hanya menganggap sholat hanya sekedar ibadah ritual saja.

Padahal meskipun disebutkan sholat, tentu banyak serangkaian kegiatan lain yang dilakukan sebelum atau sesudah sholat.

Seperti serangkaian dengan wudhu sebelum sholat, ditambah dengan sesudah sholat dzikir dan berdo’a.

Hal ini sesuai dengan perintah Allah SWT dalam Surat Al Hajj ayat 77“Hai orang orang yang beriman, ruku’lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan supaya kamu mendapat kemenangan

Baca Juga:12 Dress Batik Kekinian yang Super Mewah untuk Tampil Modis dan Berkelas di Moment Idul AdhaKemuliaan Seorang Ibu menurut Al Qur an dan Al-Hadist

Hal yang istimewa yang membuat ibadah jama’ah lebih tinggi dari pada sendirian adalah sholat jama’ah adalah sebuah system atau paket program yang dijalankan oleh Nabi Muhammad Saw dahulu kepada umatnya.

Salah satu fungsi sholat jama’ah sebagai fungsi pembinaan, pendidikan dan manajemen serta fungsi persatuan umat islam.

Nabi Muhammad Saw waktu itu berhasil membina umat islam yang sebelumnya jahiliyah dalam kegelapan menjadi umat yang maju dan berkualitas tinggi serta berakhlak mulia.

Makanya ada alasan ibadah sosial lebih banyak pahalanya sebagai berikut :

0 Komentar