7 Cara Menjaga Kesehatan Mental pada Remaja, Apa Saja?

Cara menjaga kesehatan mental pada remaja
Cara menjaga kesehatan mental pada remaja (Twitter/@MentalH55058305)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Kesehatan mental berperan penting dalam kehidupan, karenanya perlu cara menjaga kesehatan mental pada remaja.

Karena masa remaja adalah masa yang paling produktif dalam belajar, berkarir dan berprestasi. Kesehatan mental merupakan tolak ukur kesehatan jika ingin diterima di lingkungan pekerjaan atau pertemanan.

Penyakit mental memang dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari hari, tidak hanya merusak hubungan dengan orang lain, melainkan juga menurunkan produktifitas dalam bekerja, belajar dan berkehidupan social masyarakat.

Baca Juga:Model Daster Remaja Kekinian Terbaru 2023 untuk Tampil Simple dan Modis7 Model Daster Kekinian untuk di Rumah Ini Bikin Doi Makin Lengket

Seorang remaja dengan mental yang kurang sehat atau abnormal akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berfikir, kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarahkan pada perilaku buruk dan kecenderungan akan sulit diterima di lingkungan.

Gangguan mental pada remaja (Twitter/@MentalH55058305)

Remaja dengan kesehatan mental yang kurang akan menjauhkan diri dari lingkungan atau bahkan dijauhi oleh lingkungannya. Hal ini akan mempengaruhi dalam meraih kesuksesan.

Sebaliknya jika seorang remaja itu mentalnya sehar maka akan lebih mudah dalam memaksimalkan segala potensi atau kemampuan diri dalam menghadapi setiap tantangan hidup. Lebih mudah diterima lingkungannya yang sangat menunjang mencapai impiannya.

Definisi kesehatan mental

Sehat mental (Twitter/@MentalH55058305)

Kesehatan mental atau mental hygiene adalah kondisi kejiwaan seseorang yang harmonis yang dimana seseorang itu memiliki fungsi fungsi jiwa yang berjalan selaras, tidak ada konflik batin dalam diri.

Sehingga seseorang tersebut sanggup dalam menghadapi masalah kehidupan yang ada.

Mampu untuk memaksimalkan potensi diri dan mampu untuk menyesuaikan diri dengan orang lain dan lingkungan tempat dia tinggal atau hidup bermasyarakat.

Seorang yang sehat mentalnya berarti dia tidak mengalami kegoncangan, kekacauan jiwa, frustasi atau penyakit jiwa lainnya. Dengan kata lain dia sehat ikiran, fisiknya dan jiwanya.

Faktor penyebab gangguan mental

Faktor biologis, gangguan mental biologis tidak bisa dilepaskan. Biasanya terjadi karena kelainan pada otak, sistem endroktrin dan lain lain.

Baca Juga:5 Cara Menghadapi Masalah dalam HidupDaily Outfit OOTD TERLARIS dan TERMURAH 2023

Disebut sebagai kelainan genetic yang disebabkan karena keturunan atau kondisi buruk terjadi saat kehamilan.

Faktor psikologis, gangguan disebabkan karena pengalaman pengalaman, proses pembelajaran masa lalu yang baik atau buruk dalam diri seseorang.

0 Komentar