Universal atau Tidak: Apakah Makna Ekspresi Emosi Manusia Selalu Sama di Setiap Daerah?

Bagaimana ekspresi emosi manusia ditafsirkan?
Bagaimana ekspresi emosi manusia ditafsirkan? (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Emosi memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Setiap hari kita menghabiskan banyak waktu untuk menyaksikan ekspresi emosi orang lain, menafsirkan apa arti sinyal-sinyal ini, dan menentukan bagaimana menanggapi dan menangani pengalaman emosional kita sendiri yang kompleks.

Emosi dalam Psikologi dan Penelitian

Emosi juga merupakan topik penting dalam psikologi, dan para peneliti telah mencurahkan banyak energi untuk memahami tujuan emosi dan mengembangkan teori tentang bagaimana dan mengapa emosi muncul. Para peneliti juga telah belajar banyak tentang ekspresi emosi yang sebenarnya.

Ekspresi emosi dapat diungkapkan secara verbal (melalui kata-kata dan nada suara) atau dengan menggunakan komunikasi nonverbal, termasuk penggunaan bahasa tubuh atau ekspresi wajah.

Baca Juga:7 Ragam Emosi dalam Diri Manusia, Apa Sajakah Itu?3 Elemen Kunci Emosi yang Tentukan Respons Emosional Manusia

Bahasa tubuh seperti postur bungkuk atau lengan menyilang dapat digunakan untuk mengirimkan sinyal emosi yang berbeda. Namun, salah satu cara terpenting untuk mengekspresikan emosi adalah melalui ekspresi wajah.

Apakah Ekspresi Emosi Berlaku Universal?

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa isyarat dan isyarat bahasa tubuh terkadang memiliki arti yang berbeda dalam budaya yang berbeda, tetapi apakah gagasan yang sama juga berlaku untuk ekspresi wajah? Apakah orang-orang di negara dan budaya lain mengekspresikan emosi dengan cara yang sama ataukah secara keseluruhan ekspresi emosi tidak selalu sama di setiap daerah?

Dalam bukunya tahun 1872, The Expression of the Emotions in Man and Animals, naturalis terkenal Charles Darwin berpendapat bahwa ekspresi emosi manusia adalah bawaan dan universal lintas budaya. Peneliti dan pakar emosi Paul Ekman telah menemukan bahwa, sebagian besar, ekspresi wajah yang digunakan untuk menyampaikan emosi dasar cenderung sama di berbagai budaya.

Meskipun dia telah menemukan bahwa wajah manusia mampu menciptakan variasi ekspresi emosi yang mencengangkan (lebih dari 7.000!), Mereka cenderung termasuk dalam enam emosi dasar utama.

6 Ekspresi Emosi yang Universal

  • Kebahagiaan
  • Kejutan
  • Kesedihan
  • Amarah
  • Menjijikkan
  • Takut

Para peneliti telah menunjukkan foto-foto orang yang mengekspresikan emosi ini kepada individu dari budaya yang berbeda, dan orang-orang dari seluruh dunia dapat mengidentifikasi emosi dasar di balik ekspresi ini. Ekman percaya bahwa tidak hanya emosi dasar ini yang mungkin bawaan, tetapi juga kemungkinan besar terprogram di otak.

0 Komentar