3 Elemen Kunci Emosi yang Tentukan Respons Emosional Manusia

Elemen kunci emosi yang dialami manusia
Elemen kunci emosi yang dialami manusia. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Emosi adalah reaksi yang dialami manusia sebagai respons terhadap peristiwa atau situasi. Di mana emosi ini dibentuk oleh beberapa elemen kunci emosi. Jenis respons emosional yang dialami seseorang ditentukan oleh keadaan yang memicu emosi tersebut. Misalnya, seseorang mengalami kegembiraan saat menerima kabar baik. Seseorang mengalami ketakutan ketika mereka terancam.

Emosi memiliki pengaruh yang kuat pada kehidupan kita sehari-hari. Kita membuat keputusan berdasarkan apakah kita senang, marah, sedih, bosan, atau frustrasi. Kita memilih aktivitas dan hobi berdasarkan emosi yang ditimbulkannya. Memahami emosi dapat membantu kita menjalani hidup dengan lebih mudah dan stabil.

Elemen Kunci Emosi

Untuk lebih memahami apa itu emosi, mari kita fokus pada tiga elemen kunci emosi, yang dikenal sebagai pengalaman subjektif, respons fisiologis, dan respons perilaku.

Pengalaman Subjektif

Baca Juga:Menyelamatkan Hubungan Setelah Perselingkuhan? 5 Hal Ini Direkomendasikan UntukmuMenghentikan Trust Issue, Ini 5 Cara untuk Melakukannya

Sementara para ahli percaya bahwa ada sejumlah emosi dasar universal yang dialami oleh orang-orang di seluruh dunia tanpa memandang latar belakang atau budaya, para peneliti juga percaya bahwa mengalami emosi bisa sangat subyektif. Perhatikan kemarahan, misalnya. Apakah semua kemarahan itu sama? Pengalamanmu sendiri mungkin berkisar dari gangguan ringan hingga kemarahan yang membutakan.

Meskipun kita memiliki label luas untuk emosi seperti “marah”, “sedih”, atau “bahagia”, pengalaman milikmu sendiri tentang emosi ini mungkin jauh lebih multidimensi, karenanya subjektif. Itulah mengapa pengalaman subjektif menjadi salah satu elemen kunci emosi.

Kita juga tidak selalu mengalami bentuk murni dari setiap emosi. Emosi campuran atas berbagai peristiwa atau situasi dalam hidup kita adalah hal biasa. Saat dihadapkan dengan memulai pekerjaan baru, kamu mungkin merasa bersemangat sekaligus gugup. Menikah atau memiliki anak mungkin ditandai dengan berbagai macam emosi mulai dari kegembiraan hingga kecemasan. Emosi ini mungkin terjadi secara bersamaan, atau kamu mungkin merasakannya satu demi satu.

Respons Fisiologis

Elemen kunci emosi yang selanjutnya adalah respons fisiologis. Bagaimana maksud elemen kunci emosi yang satu ini?

Jika kamu pernah merasakan perutmu keroncongan karena kecemasan atau jantungmu berdebar ketakutan, maka kamu menyadari bahwa emosi juga menyebabkan reaksi fisiologis yang kuat.

0 Komentar