Cukup 2 Cara Ampuh Ini! Bantu Kamu Berhenti Overthinking

Cara berhenti overthinking
Cara berhenti overthinking. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Bentuk overthinking ini terjadi ketika kamu mendasarkan aturan atau harapan untuk masa depan pada peristiwa tunggal atau acak dari masa lalu. Alih-alih menerima bahwa hasil yang berbeda mungkin terjadi, kamu mungkin berasumsi bahwa hal-hal tertentu akan “selalu” atau “tidak pernah” terjadi. Dalam hal ini, menggeneralisasikan secara berlebihan satu peristiwa dari masa lalu ke setiap peristiwa di masa depan seringkali menyebabkan kita terlalu banyak berpikir dan mengkhawatirkan hal-hal yang mungkin tidak akan pernah terjadi.

Efek Overthinking

Terlalu banyak berpikir bukanlah penyakit mental, dan meskipun overthinking dapat membuatmu cemas, itu belum tentu sama dengan kecemasan. Namun, seringkali dapat berperan dalam pengembangan dan pemeliharaan beberapa kondisi kesehatan mental sehingga kamu perlu segera berhenti overthinking. Beberapa gangguan yang berhubungan dengan overthinking meliputi:

  • Depresi
  • Gangguan kecemasan umum (GAD)
  • Gangguan obsesif-kompulsif (OCD)
  • Gangguan panik
  • Gangguan stres pasca-trauma (PTSD)
  • Gangguan kecemasan sosial (SAD)

Terlalu banyak berpikir dapat memiliki hubungan dua arah dengan masalah kesehatan mental. Peristiwa stres, depresi, dan kecemasan dapat membuat orang lebih rentan untuk berpikir berlebihan, dan kemudian pemikiran berlebihan ini berkontribusi pada stres, kecemasan, dan depresi yang lebih buruk.

Baca Juga:5 Penyebab Overthinking, Hindari Agar Kamu Tidak Terjebak dalam Pikiranmu5 Hal yang Bantu Keluar dari Rasa Putus Asa, Keyakinan Bahwa Keadaan Tidak Akan Berjalan Baik

Menemukan cara untuk berhenti overthinking ini seringkali dapat membantu meringankan beberapa gejala dari kondisi ini.

Overthinking juga dapat berdampak serius pada hubungan. Mengasumsikan yang terburuk dan melompat ke kesimpulan yang salah dapat menyebabkan pertengkaran dan konflik dengan orang lain. Terobsesi dengan setiap hal kecil yang dilakukan dan dikatakan orang lain juga bisa berarti kamu salah memahami apa yang ingin mereka sampaikan.

Ini juga dapat menyebabkan kecemasan hubungan, dan perilaku seperti terus-menerus membutuhkan kepastian atau berusaha mengendalikan orang lain. Perilaku seperti itu dapat merusak hubunganmu dengan orang lain.

Cara Berhenti Overthinking

Penelitian menunjukkan bahwa berpikir lebih sedikit tentang suatu masalah sebenarnya bisa menjadi kunci untuk mengembangkan solusi yang lebih baik. Berikut adalah beberapa cara untuk berhenti overthinking.

0 Komentar