6 Langkah Keluar dari Hubungan yang Tidak Sehat, Kamu Pasti Berhasil!

Cara keluar dari hubungan yang tidak sehat
Cara keluar dari hubungan yang tidak sehat. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Bangun jaring pengaman: Jika kamu berpikir untuk keluar dari hubungan yang tidak sehat, buatlah rencana bagaimana kamu akan menangani transisi tersebut. Dimana kamu akan tinggal? Barang apa yang perlu kamu bawa? Jangan lakukan ini sembarangan. Proses ini harus dipikirkan dengan baik.

Tetapkan tujuan untuk mandiri: Jika kamu tidak memiliki karier atau cara untuk menghidupi diri sendiri, inilah saatnya untuk mulai mengukir jalan ini. Pergi ke sekolah, dapatkan pelatihan, mulai pekerjaan (bahkan pekerjaan tingkat rendah atau paruh waktu). Kemandirian finansialmu adalah salah satu jalan utama untuk keluar dari hubungan yang tidak sehat.

Beri tahu seseorang: Tidak ada lagi rahasia. Ngobrol dengan anggota keluarga atau teman agar mereka dapat membantumu dalam prosesnya. Jika kamu merasa terancam, beri tahu pihak berwenang setempat bahwa kamu membutuhkan bantuan.

Baca Juga:Waspada 6 Contoh Red Flag dalam Hubungan7 Red Flag dalam Hubungan, Hati-Hati Hubunganmu Tidak Aman!

Mencari bantuan profesional: Meninggalkan dan memulihkan diri dari hubungan yang beracun akan membutuhkan waktu dan usaha. Jangkau kelompok pendukung atau konselor yang berpengalaman dengan masalah hubungan. Seorang terapis dapat menjadi sumber daya yang tidak memihak untuk membimbingmu dan meminta pertanggungjawabanmu untuk menciptakan dan mencapai tujuanmu. Seorang pengacara hukum keluarga yang berpengalaman juga dibutuhkan jika kamu akan keluar dari hubungan yang tidak sehat.

Berhenti berbicara dengan pasanganmu: Orang beracun sangat licik dan dapat menggunakan pemerasan emosional untuk memikatmu kembali. Ketika kamu membuat keputusan untuk keluar dari hubungan yang tidak sehat, hentikan segala bentuk komunikasi dengan mereka kecuali kamu memiliki anak dan perlu menjadi orang tua bersama. Dalam hal ini, komunikasikan hanya tentang anak-anak. Jika kamu perlu mengajukan perintah penahanan, lakukanlah.

Manjakan dirimu: Menjadi bagian dari hubungan beracun sangat merusak harga diri dan kesehatan mentalmu. Mungkin perlu beberapa saat sebelum kamu siap menjadi bagian dari hubungan lain. Jangan terburu-buru. Luangkan waktu untuk diri sendiri. Untuk membantu dirimu pulih, cari waktu untuk hobi. Mulailah mengerjakan proyek atau bisnis hewan peliharaanmu sendiri. Lakukan perjalanan yang selalu ingin kamu lakukan.

Itu merupakan 6 langkah yang perlu kamu pertimbangkan jika kamu ingin keluar dari hubungan yang tidak sehat.

0 Komentar